Jumat, 19 April 2024

Dinkes Pemko Batam akan Tambah Dua Puskesmas

Berita Terkait

Warga Tanjunguncang, Batuaji berobat di Puskesmas Tanjunguncang yang baru dibuka, Senin (12/2). | Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam berencana menambah dua pusat pelayanan masyarakat (Puskesmas) tahun 2019 mendatang.

“Tahun ini sudah ada Tanjunguncang yang mulai melayani pasien. Tahun depan kami bangun dua lagi rencananya,” kata Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (26/2).

Ia menyebutkan dua puskesmas tersebut akan dibangun di Mentarau, Sekupang dan Tembesi, Batuaji. Dua lokasi ini jumlah penduduknya cukup ramai, jadi penambahan infrastruktur sangat dibutuhkan.

Mantan Direktur RSUD Kepri ini mengungkapkan lahan yang digunakan untuk membangun puskesmas merupakan lahan fasilitas umum (fasum) di perumahan warga.

“Kemarin kami sudah tinjau lokasi bersama orang dari Disperakimtan,” ujarnya.

Untuk pembangunan satu puskesmas membutuhkan dana sebesar Rp 6-7 miliar dan rencananya akan diambil dari dana alokasi khusus (DAK).

“Itu untuk fisik saja belum lagi peralatan medis yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 miliar untuk masing-masing puskesmas,” bebernya.

Ia menambahkan saat ini sudah ada 21 puskesmas yang melayani masyarakat yang dibangun Pemko Batam. Selain itu keberadaan klini-klinik juga membantu pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Idealnya satu puskesmas itu untuk 30 ribu jiwa penduduk, namun klinik cukup banyak jadi bisa mengatasi jumlah kekurangan puskesmas,”terang dia.

Didi berharap usulan penambahan dua puskesmas ini bisa disetujui nantinya. Sehingga pelayanan kesehatan di masyarakat bisa meningkat.

“Semakin banyak yang berobat ke puskesmas tentu akan berdampak pada pendapatan puskesmas juga,” tutupnya. (yui)

Update