Sabtu, 20 April 2024

KPP Pratama Tanjungpinang Jemput Bola ke Anambas

Berita Terkait

Sejumlah warga mengurus pajak di kantor Badan Keuangan daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (26/2). F. Syahid/Batam Pos.

batampos.co.id – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpinang jemput bola dalam memberikan pelayanan perpajakan. KPP Pratama Tanjungpinang mengutus tim yang dapat melayani segala bentuk permohonan perpajakan. Pelayanan dilaksanakan di ruang depan kantor Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Tarempa dari 21 – 27 Februari.

Pantauan di lapangan sejumlah pemohon menadati ruang depan kantor BKD Anambas. Mereka sibuk mengisi formulir pendaftaran masing-masing. Ada yang diatas meja, diatas bangku bahkan ada yang mengisi formulir di lantai.

Salah satu anggota tim atau staff KPP Pratama Tanjungpinang Aloysius Tegar, mengakui jika antusias warga atau pegawai di Anambas sangat tinggi. Mereka selama satu minggu secara bergantian terus berdatangan untuk mengurus NPWP. Baik itu NPWP pribadi maupun perusahaan.

“Pelayanan gratis, ini merupakan utusan dari pimpinan, karena di Anambas masih ada wajib pajak yang kesulitan membayar pajak lantaran harus mengeluarkan biaya banyak jika ke Tanjungpinang,” ungkapnya kepada wartawan Senin (26/2).

Jika memungkinkan, maka pihaknya akan memberikan pelayanan ekstra kepada wajib pajak di Anambas. “Kalau cuaca bagus dan memungkinkan maka jemput bola seperti ini akan dilakukan setiap bulan sekali, tapi timnya saja yang kemungkinan berganti personil,” ungkapnya lagi.

Diakuinya jika di Anambas ini hanya dilakukan pengambilan data dengan pengisian formulir dulu kemudian proses selanjutnya dilakukan di kantor pajak Tanjungpinang. “Nanti kalau sudah jadi, NPWP itu akan kita titipkan sama tim berikutnya yang bertugas di Anambas,” ungkapnya.

Kedatangan timnya ini merupakan bentuk tindak lanjut dari keluhan masyarakat Anambas yang memberikan saran jika untuk mengurus NPWP ke kantor pajak Tanjungpinang, maka akan menghabiskan jutaan rupiah karena biaya transportasi dan akomodasi selama perjalanan. Sehingga pihaknya menjemput bola datang ke Anambas dengan mengirimkan tim.

“Ini menindaklanjuti saran masyarakat Anambas yang mengeluh jika mengurus NPWP ke Tanjungpinang banyak biaya, makanya pimpinan mengutus tim kesini. Karena tidak ada kantor sendiri, maka masih numpang di kantor BKD Anambas,” jelasnya. (sya)

Update