Jumat, 29 Maret 2024

Orang Tua Harus Melarang Anaknya Mengendarai Kendaraan Bermotor

Berita Terkait

batampos.co.id – Kasat Lantas Polres Lingga AKP Indra Jaya mengajak seluruh masyarakat serta orang tua agar memperhatikan dan menjaga anak yang masih di bawah umur agar tidak mengendarai kendaraan karena jelas melanggar undang-undang yang ada.

“Ini bukan tugas lantas semata, menjaga anak di bawah umur agar tidak mengendarai kendaraan berawal dari orang tua mereka masing-masing,” kata Indra Jaya kepada Batam Pos, Jumat (16/2) pagi.

Selain faktor orang tua, guru di sekolah juga sebagai indikator agar menjaga anak didik mereka selamat baik pergi ke sekolah hingga kembali pulang ke rumah.
Tentunya, larangan tersebut untuk menekan angka kecelakaan lalulintas yang terjadi kepada anak di bawah umur yang sering disebut anak ABG.

Indra memastikan, kecelakaan yang sering terjadi, semua bermula dari pelanggaran yang dilakukan pengendara tersebut. Sehingga anak di bawah umur yang masih dilarang untuk mengendarai kendaraan tentunya telah melalui proses penelitian dan sebagainya. Sehingga anak tersebut belum dapat mengurus SIM.

Indra juga mengatakan, orang tua yang memberikan anak di bawah umur mengendarai sepeda motor atau kendaraan bermotor lainnya, tentu tidak mendidik serta tidak mempunyai rasa sayang terhadap anak tersebut. Jika dengan alasan sekolah hendaknya orang tua mengantar anak mereka.

“Alasan saja kalau orang tua tidak sempat untuk mengantar anak pergi kesekolah,” ujar Indra.

Untuk itu, pada tahun ini Lantas Polres Lingga tetap menjalankan program go to school untuk memberikan sosialisasi berkendaraan yang baik dan benar, yakni patuh dengan aturan serta melengkapi atribut kendaraan dan memiliki kelengkapan administrasi pengendara.

Selain itu, Indra juga mengatakan akan mengunjungi sejumlah pangkalan ojek dengan tujuan meningkatkan kesadaran berlalulintas yang aman. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika pengojek menjadi pelopor keselamatan berkendaraan di Kabupaten Lingga ini.

“Intinya untuk menekan tingkat kecelakaan serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berlalulintas dengan tertib sehingga menciptakan lalulintas yang aman dan nyaman,” kata Indra. (wsa)

Update