Jumat, 29 Maret 2024

Pengurus Parpol Dilatih Urus Administrasi Keuangan

Berita Terkait

Wakil BUpati Karimun Anwar Hasyim saat membuka bimtek Parpol, Selasa (27/2). F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim berpesan kepada seluruh pengurus Partai Politik (Parpol) yang saat ini sudah menjadi peserta Pemilu 2019. Ada 14 Parpol harus mempersiapkan laporan pertanggungjawaban secara administrasi. Tujuannya, tidak lain untuk mendapatkan dana bantuan Parpol dari Pemerintah Daerah (Pemda) Karimun sesuai jumlah suara yang diraihnya.

”Nah, dalam bimtek inilah silahkan para Parpol untuk bertanya bagaimana pembuatan laporan bantuan keuangan dari Pemerintah untuk Parpol. Ada narasumber BPKP yang disampaikan nanti, manfaatkan kesempatan ini,” kata Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, kemarin (27/2).

Lanjutnya, bantuan dana Parpol yang diberikan oleh Pemerintah Daerah harus benar-benar lengkap administrasinya. Sehingga, apabila tidak lengkap secara otomatis tidak dibayarkan oleh Pemerintah Daerah. Dan menunggu di tahun berikutinya, dengan syarat apabila laporan keuangannya sudah diselesaikan pada tahun sebelumnya.

”Besar kecil yang diterima oleh Parpol bantuan dari Pemerintah, administrasinya harus lengkap. Itu sudah ada aturan mainnya, contoh barang sudah ada Parpol Nasdem,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karimun Rizal Aidy kegiatan bimbingan teknis bantuan keuangan dan pelaporan keuangan Parpol bertujuan untuk melakukan pembenahan terhadap kelengkapan administrasi permohonan bantuan keuangan yang diajukan oleh Parpol yang memiliki keterwakilan di DPRD kabupaten Karimun.

”Yang jelas kita berharap, tidak adalagi pengurus Parpol yang tidak membuat laporan keuangan tentang penggunaan bantuan dana Parpol oleh Pemerintah,” ujarnya.

Sehingga kata Rizal lagi, untuk meningkatkan penerapan dan kemampuan pengurus Parpol dalam pengelolaan sistem keuangan di Parpol sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan demikian, kedepannya pengurus Parpol bisa meningkatkan tanggungjawab dalam pengurusan administrasi keuangan.

”Makanya, kita hadirkan narasumber dari BPKP Kepri dan Badan kesatuan Bangsa dan Politik Karimun,” tuturnya.

Dimana peserta kegiatan tersebut, diikuti 14 Parpol yang ikut Pemilu 2019 dengan total keseluruhannya ada 35 peserta dari perwakilan Parpol.(tri)

Update