Rabu, 24 April 2024

Sultan Mahmud Riayat Syah Jadi Pusat Perhatian

Berita Terkait

Rombongan tapak tilas SMRS foto bersama. F. Dinas Kebudayaan Pemkab Lingga untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Sultan Mahmud Riayat Syah yang baru saja ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, kini semakin banyak mendapat sorotan dari berbagai kalangan masyarakat untuk lebih mengenal pahlawan nasional. Seperti kunjungan 40 guru sejarah dari Kota Tanjungpinang untuk melakukan tapak tilas.

“40 guru sejarah bersama Kepala sekolah dan satu orang Kabid Pembina SMA dan Madrasah Aiyah melakukan kunjungan selama tiga hari di Daik Lingga,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga M Ishak kepada Batam Pos, Selasa (27/2) pagi.

Rombongan pengunjung yang dipimpin Encik Abdul Hajar tersebut langsung disambut hangat Pemerintah Kabupaten Lingga dengan jadwal di hari pertama mengunjungi tugu agrominapolitan dan serta berwisata ke Air Terjun Resun Daik Lingga.

Pada keesokan harinya, pada hari kedua, mereka mendapat panduan dari staf Dinas Kebudayaan Lazuardi langsung mengunjungi makam pahlawan nasional Sultan Mahmud Riayat Syah. Bahkan tidak hanya ke makam tersebut, seluruh rombongan juga dapat menyaksikan langsung sejumlah situs-situs dan bangunan peninggalan sejarah yang masih tertinggal.

“Selain jiarah ke makam SMRS, mereka juga mengunjungi bangunan bersejarah seperti Masjid Jami Sultan Lingga, Benteng Bukit Cening, Istana Damnah, reflika Istana Damnah dan moseum linggam cahaya,” kata Ishak.

Ishak menambahkan, Pemkab Lingga sangat berterimaksih kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat Kepri yang telah mendukung perjuangan Kabupaten Lingga untuk mengajukan SMRS sebagai pahlawan nasional. Bahkan hingga kini, sejarah serta peninggalan berharga dari SMRS tersebut dapat menjadi pelajaran yang baik.

Sehingga, Ishak mengharapkan tiga Pahlawan Nasional dari Kepri yang pernah ada agar lebih diketahui oleh generasi penerus dengan memasukkan sejarah mereka dalam kurikulum muatan lokal. Sehingga perjuangan mereka menjadi penyemangat dan motifasi bagi seluruh penerus bangsa untuk memajukan Negeri.

Selain itu, rombongan juga meninjau rumah Tekad Tudung Manto yang terletak di Kampung Mentok dan Tanjungbuton. Beruntung mereka juga dapat mengikuti work shop tersebut di Balai Adat Melayu. Narasumber di workshop itu selain Kabid Pembinaan SMA-SMK, Atmadinata, Ketua LAM Kepri Kabupaten Lingga M Ishak dan lazuardi turut memberikan materi.

“Pemkab Lingga memastikan akan membuka pintu lebar-lebar kepada siapa saja yang ingin mengetahui lebih jauh tentang pahlawan nasional SMRS serta bagi siapa saja yang ingin melakukan tapak tilas sejarah SMRS,” ujar Ishak. (wsa)

Update