Jumat, 29 Maret 2024

Kadisnaker: Perusahaan akan Rekrut Ribuan Karyawan

Berita Terkait

Pekerja menggesa pembangunan kapal di salah satu galangan kapal di Sagulung | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Disnaker Batam Rudi Sakyakirti menyebut ada perusahaan yang bergerak di bidang galangan kapal di Batuampar yang berencana merekrut ribuan karyawan dalam waktu dekat ini.

Sayangnya, Rudi tak mau menyebut nama perusahaan yang dimaksud.

“Ada sekitar lima ribu karyawan. Kemarin perusahaannya sudah bertemu dan melaporkan rencana perekrutan ini,” ujar Rudi, Rabu (28/2).

Selain itu, April mendatang juga akan ada perusahaan lain yang akan merekrut karyawan baru meskipun jumlahnya tak banyak.

“Paling 500 orang. Sebelumnya mereka sudah minta bantuan kami terkait perekrutan tahap pertama akhir Januari lalu. Ya mudah-mudahan kondisi ekonomi makin membaik,” kata Rudi, yang lagi-lagi tanpa mau menyebutkan nama perusahaan yang dimaksud.

Meski ada yang membuka lowongan kerja, namun Rudi juga tak menampik adanya perusahaan yang kemungkinan akan tutup di tahun ini. Hanya saja, kata dia, hingga Februari tahun 2018 ini, Rudi mengaku belum menerima informasi adanya perusahaan yang mengajukan untuk tutup beroperasi.

“Masih data yang lama, sekitar 57 perusahaan. Kondisi saat ini ada yang mengurangi, namun yang membuka juga ada,” kata mantan Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam tersebut.

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu beberapa perusahaan mengajukan untuk mengurangi jumlah karyawan mereka dengan alasan pekerjaan yang diterima perusahaan berkurang. “Sebenarnya tetap beroperasi, hanya karyawan harus ada yang dirumahkan karena mempertimbangkan biaya dan produksi perusahaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan pertumbuhan perekonmian Batam yang diharapkan bisa membaik tahun ini, sehingga juga bisa berdampak bagi kemajuan sektor industri. Imbasnya, terbuka lagi lowongan kerja di Batam.

Informasi akan adanya perusahaan yang membuka lowongan kerja itu disambut baik masyarakat. Murni, warga Batuampar mengaku gembira karena beberapa perusahaan akhirnya menyediakan lowongan kerja. “Soalnya banyak yang sebelumnya mengurangi karyawan. Tapi ini buka lagi, tentu kita senang,” ujarnya.

Sedangkan Budi, warga Tanjungsengkuang menyatakan antusias untuk memasukkan lamaran kerja ke beberapa perusahaan yang kabarnya membuka lowongan kerja itu. Meskipun, ia mengaku akan mencari tahu perusahaan apa yang dimaksud.

“Bahkan saya mau ajak adik ipar saya, karena dia juga lagi mencari pekerjaan,” katanya. (yui/rna)

Update