Jumat, 29 Maret 2024

Ketika TPA Punggur Terbakar

Berita Terkait

batampos.co.id – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Punggur, Batam, terbakar pada Rabu (28/2) sore. Hingga berita ini ditulis pada pukul 23.30 WIB tadi malam, api belum bisa dipadamkan meski enam unit mobil pemadam kebakaran telah diturunkan.

Kapolsek Nongsa Kompol Albertus Sihite mengatakan, peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui oleh seorang pemulung sekira pukul 16.05 WIB. Kebakaran terjadi di area sampah kering.

“Saksi langsung melaporkan kebakaran ini kepada para sekuriti TPA,” kata Albert, tadi malam.

Albert melanjutkan, petugas sekuriti TPA segera menghubungi petugas pemadam kebakaran. Tak lama berselang, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung mencoba menjinakkan di jago merah.

Namun banyaknya tumpukan sampah kering serta kondisi angin kencang membuat proses pemadaman api cukup sulit. Hingga pukul 23.30 WIB tadi malam, petugas pemadam kebakaran Pemko Batam masih berjibaku dengan api.

“Ini masih berusaha dipadamkan. Api masih cukup besar,” kata Albert.

Selain itu, pemadaman sulit dilakukan karena lokasi kebakaran yang sulit dijangkau petugas. Sehingga meski ada enam mobil kebakaran yang dikerahkan, api tak kunjung bisa dijinakkan.

Albert menduga, kebakaran terjadi akibat putung rokok yang dibuang warga di lokasi. Sehingga Albert menyimpulkan, kebakaran terjadi bukan karena ada unsur kesengajaan.

Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Kebakaran juga tidak berdampak ke permukiman warga di sekitar TPA.

“Untuk kerugian nihil. Korban jiwa juga tak ada,” katanya.

Peristiwa kebakaran ini menyita perhatian warga sekitar. Selain itu, Plt Kadis Lingkungan Hidup Pemko Batam Herman Rozie juga melihat langsung kebakaran tersebut ke lokasi, tadi malam. (gas)

Update