Jumat, 19 April 2024

Batam Kembali Dapatkan Tambahan 16 Ribu Keping Blanko e-KTP

Berita Terkait

Petugas merapihkan KTP warga yang sudah jadi.
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam kembali mendapatkan tambahan 16 ribu keping blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Jumat (2/3).

Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar mengatakan jumlah ini hanya 20 persen dari kebutuhan blanko e-KTP yang dibutuhan Batam yang mencapai 61 ribu keping lebih.

Untuk mendapatkan tambahan blano e-KTP pihaknya berusaha untuk menyelesaikan pencetakkan e-KTP dengan waktu yang secepat mungkin. “Selesai cetak kami jemput lagi, agar bisa terselesaikan tumpukan ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan 16 ribu keping blanko ini akan digunakan untuk menyelesaikan pencetakkan yang ada di Kecamatan Batamkota yang sebelumnya sudah mendapatkan alokasi 10 ribu keping.

“Selesai Batamkota kami lanjutkan ke Kecamatan Sagulung,” sebut Said.

Mantan Kepala Tata Pemerintahan Kota Batam ini mengungkapkan saat ini sedikitnya 13 ribu pengajuan e-KTP Kecamatan Sagulung menunggu untuk diproses. “Ini jumlah yang terecord di sisem kami, di luar itu masih ada karena perekam masih jalan terus,” ungkapnya.

Lanjutnya, penyelesaian pencetakkan e-KTP ini diusahakan bisa selesai dalam waktu 14 hari ke depan agar bisa lanjut ke kecamatan selanjutnya.

“Alat yang kerja ada 10 unit, petugas juga sudah lembur demi selesainya tumpukkan ini,” imbuhnya.

Pemula dan yang belum pernah memiliki e-KTP tetap menjadi prioritas Disdukcapil dalam pencetakkan. Said mengimbau kepada warga yang e-KTPnya sudah selesai mohon untuk mengambil di masing-masing kecamatan.

“Biar tidak menumpuk dan hilang. Kalau sudah terima pesan e-KTPnya sudah siap harap langsung diambil,” pintanya.

Sementara itu, Camat Sagulung Reza Khadafi menyebutkan hingga saat ini ada 13 ribu tumpukkan pengajuan e-KTP yang siap untuk dicetak. Dia berharap tambahan blanko ini bisa mengurangi tumpukkan yang tengah terjadi di Batam. “Semoga prosesnya berjalan lancar,” singkatnya.(yui)

Update