Kamis, 25 April 2024

Ruli Diperjualbelikan, Disperkimtan Curiga Pemiliknya Kaya

Berita Terkait

Gelar Apel Antisipasi Kejadian Bencana

Ganjar Tegaskan Akan jadi Oposisi

batampos.co.id – Jual beli dan sewa rumah liar (ruli) marak di Seibeduk. Seperti yang terjadi di Ruli sebelum SMK Negeri 3 Batam.

Tampak di depan dua unit ruli kosong ada papan bertuliskan ‘Rumah ini dijual/disewakan’ pada papan tersebut juga lengkap tertera nomor yang bisa dihubungi.

“Kami tak tahu siapa yang punya. Ada nomor itu dihubungi saja,” kata seorang warga sembari berlalu.

Sementara itu seorang warga Perumahan Garden Ayu Permai, Icha, mengaku heran dengan aktivitas tersebut. Pasalnya banyak warga yang di perumahan resmi susah payah menyicil untuk mendapatkan hunian.

“Kalau sudah jual belikan tak lagi miskin namanya, tapi mau usaha ruli,” ucapnya.

Ia berpendapat hal ini bukan berarti ia tak memiliki empati pada sesama. Ia menduga aktivitas jual beli dan sewa ruli dilakukan oleh oknum yang ingin mencari untung dari ruli. “Harusnya pemerintah betul-betul menyelesaikan persoalan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Herman Rozie mengaku paham dengan persoalan tersebut. Kini, kata Herman, Pemko Batam tengah mendata ruli berdasar berdasar satu nama dan satu alamat.

“Kalau punya banyak disewakan sama mereka. Ketika ada apa-apa minta ganti rugi juga,” kata Herman.

Ia menyampaikan, pendataan kelak akan ketahuan siapa yang benar-benar warga tidak mampu secara ekonomi dan terpaksa tinggal di ruli dengan masyarakat yang mampu tapi seolah-oleha miskin dengan tinggal di ruli.

“Jual beli ruli, jangan-jangan orang kaya mereka. Saat ada kebijakan minta ganti rugi banyak, suara (protes) paling besar,” imbuhnya. (adi)

Update