Jumat, 29 Maret 2024

Banyak Rusak, DLH Beli 20 Bin Kontainer

Berita Terkait

Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup sedang merapihkan sampah di TPS Legenda Batamcenter yang akan diangkut ke tempat pembuangan akhir Punggur.
| F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam tahun ini akan meremajakan bin kontainer yang sudah mengalami kerusakan. Puluhan bin kontainer yang rusak ini akan segera diganti dengan yang baru agar pengangkutan sampah bisa berjalan lebih baik lagi.

Kepala Bidang Sampah DLH Batam Faisal Novrieco mengatakan tahun ini pihaknya berencana menambah sedikitnya 20 unit bin kontainer melalui proses e-Katalog.

Ia menyebutkan 20 bin kontainer tersebut akan menggantikan posisi bin kontainer yang kondisinya rusak namun masih beroperasi hingga saat ini. Lebih dari 40 bin kontainer saat ini kondisinya rusak karena termakan usia namun masih layak digunakan.

“Masih bisa dipakai, namun kalau bisa menggunakan bin yang baru tentu akan lebih baik,” kata dia, Sabtu (3/3).

Ia menyebutkan untuk pembelian satu unit bin kontainer sampah ini menghabiskan Rp 45 juta rupiah. Penambahan 20 bin ini tentunya cukup membantu DLH dalam mobilisasi pengangkutan sampah dari sumber menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berada di Punggur, Nongsa.

Faisal mengungkapkan saat ini dari 45 bin kontainer sampah yang kondisinya rusak, 15 diantaranya sudah berhasil diperbaiki dan sudah kembali diopersikan. “Total yang aktif ada 180 bin,” sebutnya.

Kerusakan yang terjadi pada bin kontainer saat ini masih bisa diatasi. Beberapa bin juga sudah ditambal untuk menutup lubang yang ada di tiap dinding bin kontainer. “Ya, sejauh ini masih aman, saat proses pengangkutan sampah dari sumber ke TPA anggota kami sudah mengantisipasi sehingga sampah tidak jatuh ke jalan,” terangnya.

Ia menyebutkan saat ini 160 bin kontainer telah tersebar di 160 titik Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS). Jumlah kebutuhan bin ini diperkirakan akan bertambah seiring adanya pengajuan penambahan pelayan pengangkutan sampah yang masuk ke DLH.

Pelaksana Tugas (Plt) DLH Batam, Herman Rozi beberapa waktu lalu mengungkapkan ada beberapa perumahan baru yang membutuhkan layanan seperti Sekupang dan Batamkota. “Tentu membutuhkan bin kontainer untuk diletakkan di TPS komplek mereka. Kami berharap selain mengganti bin yang rusak. Beberapa dari bin tersebut juga bisa mengisi TPS-TPS baru,”tutupnya. (yui)

Update