Selasa, 16 April 2024

Nuansa Melayu Setiap Jumat di Hang Nadim

Berita Terkait

Para penumpang pesawat yang keluar dari pintu kedatangan saat tiba di bandara Hang Nadim Batam. | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Bandara Internantional Hang Nadim Batam akan menghadirkan suasana khas budaya melayu setiap Jumat. Nuansa melayu ini diharapkan dapat menarik perhatian dari wisatawan asing saat berada di Hang Nadim.

“Selain untuk meningkatkan pariwisata, juga bentuk komitmen kami mentaati Perda Pemajuan Kebudayaan Melayu,” kata Direktur Bandara Internantional Hang Nadim Batam, Suwarso, Sabtu (3/3.

Ia mengatakan jajaran petugas Bandara International Hang Nadim Batam, selain Avsec akan menggunakan baju melayu. Tak hanya itu saja, customer service hingga petugas di konter cek ini juga akan menggenakan baju khas melayu. “Tenan-tenan juga kami minta agar menggunakan baju khas melayu,” tuturnya.

Selain itu, Suwarso juga akan meminta jajaran sopir taxi agar menggunakan baju khas melayu.

“Saya akan sosialisasikan minggu depan, agar pesan ini dapat dilaksanakan,” ucapnya.

Suwarso menuturkan arahan untuk pelaksanaan Perda Pemajuan Kebudayaan Melayu, tidak hanya sebatas pakain saja. Orang-orang yang berada di lingkungan Bandara Internantional menggunakan pakaian khas melayu lengkap.

“Tak baju saja. Tapi menggunakan tanjak dan sendalnya itu. Tapi kami masih mempertimbangkan itu,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja yang sedang dipertimbangkan Suwarso. Ia sedang menimbang pemutaran instrumental musik berbau melayu di Hang Nadim. “Kalau musik memang tak bisa, tapi kalau instrumentalnya saja bisa,” katanya.

Ia mengatakan semua hal ini tidak bisa dilakukan sekaligus. “Step by step, bertahap dulu,” ungkapnya.

Suwarso menuturkan untuk menggunakan baju khas melayu, sudah digunakan staf Hang Nadim sejak lama.
“Kami mau menerapkan ke seluruh jajaran yang ada di Hang Nadim, kecuali petugas keamanan,” ucapnya. (ska)

Update