Jumat, 29 Maret 2024

Pemkab Tingkatkan Infrastruktur Pariwisata

Berita Terkait

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti melakukan rapat kerja di Kemenko Maritim bersama Bupati Anambas, Senin (5/3). F. Pemkab Natuna untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, pemerintah daerah sudah menyampaikan sejumlah usulan pembangunan perioritas di kemenko maritim. Salah satunya bidang pariwisata.

Ngesti mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya menggesa pencapaian target pengembangan pariwisata di perbatasan. Nantinya sebagai sumber pendapatan daerah mengimbangi sumber penghasil migas.

“Kami sudah mengusulkan pengembangan bidang Pariwisata di Kemenko Maritim. Supaya pusat bangun infrastruktur dan sarana dibutuhkan,” kata Ngesti kemarin.

Dikatakan Ngesti, rencana program yang sangat diharapkan dapat terealisasi secara prioritas adalah berbagai program terkait konektivitas dan sarana prasarana yang mendukung pariwisata. Diantaranya pembangunan fasilitas pendukung diberbagai objek wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah.

“Pemerintah daerah dan masyarakat berharap adanya realisasi percepatan pembangunan di wilayah perbatasan, terutama sektor pariwisata. Dimana salah salah satu pilar pembangunan presiden Jokowi yang dijanjikan untuk Natuna,” kata Ngesti.

Dijelaskan Ngesti, pertemuan yang dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Maritim, Ridwan Djamaluddin didampingi Asisten Deputi Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan LIPI. Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman telah bekerjasama dengan berbagai unsur, baik kementerian maupun lembaga penelitian untuk membuat kajian dan menetapkan realisasi program kerja bagi percepatan pembangunan daerah yang tepat sasaran.

“Adapun beberapa program kerja yang akan dibahas dalam rapat lanjutan itu diantaranya adalah rencana pembangunan pelabuhan Pian Penyu, Pelabuhan Selat Lampa dan Biota Endemik Natuna,” ujar Ngesti.(arn)

Update