Kamis, 28 Maret 2024

Tanjungriau Fisherism Dibuka Akhir Maret

Berita Terkait

batampos.co.id – Destinasi wisata baru, Tanjungriau Fisherism akan segera dibuka pada akhir Maret mendatang. Untuk tahap pertama, BP Batam akan mengajak kalangan pelajar mengenal flora dan fauna disana.

“Softlaunching akhir Maret, Fisherism buka kunjungan anak sekolah mulai TK sampai dengan SMA,” kata Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam, Dendi Gustinandar di Gedung BP Batam, Senin (5/3).

Ia mengatakan anak-anak TK dan PAUD akan diajarkan pengenalan tanaman buah-buahan dan sayuran. Lalu diajarkan pengenalan binatang ternak dan bagaimana cara memberi pakan ternak sapi dan kambing.

“Untuk anak SD ada tambahan pengenalan hidroponik dan praktek bertanam atau panen sayuran,” jelasnya.

Sedangkan untuk anak SMP dan SMA diajarkan proses pengolahan tanah untuk tanaman sayur, pengenalan penyemaian bibit buah-buahan, mengenal jenis sayuran dan mengenal perikanan air tawar.

“Kami juga sedang menambah beberapa photobooth outdoor, sehingga saat anak-anak ke kebun dan kandang, maka orang tua dapat mengisi waktu dengan berswafoto ria,” katanya.

Selain berswafoto, tersedia juga paket menunggu anak-anak sambil mengikuti kelas kuliner atau kraft untuk ibu-ibu.”Sedangkan untuk bapak-bapak, tersedia kelas Do It Yourself yakni kelas pekerjaan rumah ringan dengan menggunakan bor listrik,” jelasnya.

Untuk melakukan hal tersebut, BP Batam bermitra dengan salah satu produsen produk alat perkakas berkualitas tinggi yang meyediakan berbagai produk rumahan.

Secara geografis, Tanjungriau Fisherism berlokasi setengah di darat dan setengah di laut dan dikhususkan untuk wisata perikanan. Makanya dalam tahapan berikutnya BP Batam akan membangunan area pemancingan, area pembibitan ikan, kolam tangkap ikan dan kawasan agro souvenir.

Area agro souvenir merupakan kawasan yang dimanfaatkan sebagai tempat masyarakat pelaku usaha kecil menengah untuk berjualan.

Pengembangan kawasan agro souvenir sangat menguntungkan pengusaha Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) di Batam, karena BP libatkan mereka.

Salah satu pengusaha UMKM Batam, Nandra menyambut antusias program ini. Karena mendapatkan pasar untuk memasarkan produknya. “Kalau didukung pemerintah dengan penyediaan pasarnya, maka pasti akan senang. Kami juga berharap agar selalu dilibatkan dalam setiap acara pemerintah,” katanya.(leo)

Update