Selasa, 19 Maret 2024

Beras Kembali Langka, Bulog Operasi Pasar

Berita Terkait

batampos.co.id – Bulog Ranai kembali menggelar operasi pasar setelah terjadi kekosongan stok beras di pedagang sejak pekan lalu. Setelah beberapa waktu lalu menggelar operasi pasar, lantaran harga tinggi di pedagang.

Kepala kantor seksi logistik Ranai Ruyun Rajab Panjaitan mengatakan, operasi pasar ini Bulog menyediakan 50 ton beras. Beberapa Kecamatan sudah dilaksanakan, sudah terjual sekitar 20 ton beras.

“Hari ini beras sudah langka lagi. Koordinasi dengan pemerintah daerah, operasi pasar akan membantu masyarakat. Bulog Ranai siapkan 50 ton beras dalam operasi pasar,” kata Rajab saat operasi pasar di kelurahan Ranai Darat, Rabu (7/3).

Operasi pasar ini katanya, warga dapat membeli beras seharga Rp 9 ribu per kilo. Di Kelurahan Ranai Darat maupun di Kelurahan Bandarsyah masing-masing disediakan lima ton. Dan dilanjutkan Kelurahan Ranai, namun perkiraan lima ton beras tidak cukup.

Diakui Rajab, saat menyuplai beras bansos ke Desa-Desa sebelumnya, kebanyakan masyarakat sudah mengeluhkan kehabisan beras di pedagang. Seperti di Kecamatan Bunguran Selatan, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Desa Teluk Buton Bunguran Utara, Kecamatan Bunguran Tengah.

Sebelum digelar operasi pasar pun, pemerintah daerah bersama Bulog sudah melakukan pengecekan kepada pedagang, toko maupun agen di Ranai. Komoditi beras terjadi kekosongan semua merk beras.

“Pemasok beras menyatakan kapal dari Jakarta maupun Tanjungpinang belum merapat karena angin kencang. Stok beras di toko pun kosong sekarang,” ujar Rajab.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Natuna Helmi Wahyuda menegaskan, saat ini kekurangan beras belum sepenuhnya teratasi. Karena baru satu kapal kargo yang masuk membawa beras.

Dikatakannya, antisipasi kekurangan beras sekarang, pihaknya mulai hari ini akan menggelar operasi pasar bekerjasama dengan Bulog.

“Untuk menutupi kekosongan beras Disperindag masih menunggu kapal kargo lainnya yang saat ini dalam perjalanan menuju Natuna. Sementara operasi pasar terus dilaksanakan,” katanya.(arn)

Update