Sabtu, 20 April 2024

Bintan Bersolek, Siap Raih Adipura

Berita Terkait

Bupati Bintan Apri Sujadi saat bersih-bersih di Kijang City Walk, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (7/3). F. Kominfo Bintan untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Tim Penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia akan turun ke Kabupaten Bintan dalam pekan ini. Namun sampai saat ini, jadwal pasti kedatangan rombongan tim masih dirahasiakan.

“Jadwal berkunjung kami belum tahu, tapi kemungkinan minggu ini. Prinsipnya kapanpun itu, kami siap menyambut penilaian oleh Tim Penilai Adipura,” ujar Kepala Dinas KLH Bintan, Aprizal Bahar, Rabu (7/3).

Saat ini kata dia, Pemkab Bintan sedang gencar mengimbau masyarakat hidup sehat dan menciptakan lingkungan bersih.  Menurutnya, persoalan sampah masih menjadi permasalahan serius di lingkungan masyarakat. Sebab masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan, dan ditumpuk tanpa dikelola dengan baik.

Prilaku yang buruk itu, justru menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat agar peduli membuang sampah dimulai dari diri sendiri.

“Hidup bersih harus kita budayakan sebagai bagian dari hidup sehat,” katanya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, pemerintah selalu melakukan yang terbaik. Terbukti dari berbagai program kesehatan yang dilakukan pemerintah, bertujuan memasyarakatkan pola hidup bersih.

Hal yang utama, menurut dia, bagaimana menghidupkan semangat masyarakat sehingga menerapkan budaya hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari.

Terkait penilaian Adipura, ia menyatakan Pemkab Bintan siap. Terlebih Kabupaten Bintan telah berhasil meraih Piala Adipura untuk tiga tahun berturut-turut.

Menurut Apri, prestasi ini sangat membanggakan, bukan saja bagi dirinya namun seluruh masyarakat Kabupaten Bintan.  “Kita berharap Kabupaten Bintan meraih penghargaan Piala Adipura untuk keempat kalinya,” harapnya.

Sekedar diketahui, Tim penilai akan melakukan peninjauan di beberapa titik di Kabupaten Bintan. Hal ini sesuai indikator penilaian penghargaan Adipura mulai jalan protokol, drainase, pasar, pemukiman, perkantoran, puskesmas, aekolah, ruang terbuka hijau serta sistem pengelolaan sampah.(met)

Update