CEO perusahaan e-commerce Amazon, Jeff Bezos

batampos.co.id – Majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes, kembali mengeluarkan daftar orang terkaya dunia pada 2018. Dilansir pada Selasa (6/3) lalu, jumlah harta 20 orang terkaya di dunia jika digabung bernilai 1,2 triliun dolar AS, atau sekitar Rp 16.518 triliun.

“Kehadiran mereka mungkin merepresentasikan kurang dari satu persen. Namun, kekayaan mereka sama dengan 13 persen dari seluruh miliuner dunia,” ujar Editor Forbes, Luisa Kroll.

Pendiri sekaligus CEO perusahaan e-commerce Amazon, Jeff Bezos, menempati puncak daftar orang terkaya versi Forbes secara real time. Nilai kekayaannya mencapai 112 miliar dolar AS.

Terpilihnya Jeff Bezos sekaligus menggantikan Bill Gates dalam urutan pertama daftar orang terkaya dunia versi Forbes. Bos Microsoft itu turun ke posisi kedua dengan kekayaan 90 miliar dolar AS. Walau di posisi kedua, nilai kekayaan Bill Gates sebenarnya naik dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2017, Bill Gates menempati posisi teratas sebagai orang terkaya dunia dengan nilai kekayaan 86 miliar dolar AS. Nilai itu lebih rendah 4 miliar dolar AS dibanding hartanya tahun ini.

Investor besar dunia, Warren Buffett, berada di urutan ketiga dengan total kekayaan yang berhasil direngkuh 87,7 miliar dolar AS, atau Rp 1.207 triliun. Posisi Buffett yang mantap berada di rangking tiga terjadi setelah CEO Berkshire Hathaway tersebut mengalami peningkatan kekayaan sebesar 707 juta dolar AS, sekitar Rp 9,7 triliun.
Sementara Pendiri dan CEO media sosial Facebook, Mark Zuckerberg, mengalami penurunan kekayaan sebesar 245 juta dolar AS, sekitar Rp 3,3 triliun. Zuckerberg pun berada di peringkat kelima dengan total kekayaan 72,4 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 996,6 triliun.

Adapun peringkat sembilan dan sepuluh dunia direbut oleh dua bersaudara pemilik Koch Industries, Charles dan David Koch. Dua bersaudara yang mempunyai usia 82 dan 77 tahun tersebut mengumpulkan kekayaan 60,8 miliar dolar AS, atau Rp 836,9 triliun.

Ada kejutan lain dalam rilis orang terkaya di dunia versi Forbes tahun ini. Selain posisi Bill Gates yang tergeser, untuk pertama kali tak satupun ada warga Arab Saudi masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Padahal tahun 2017, ada 10 miliader Saudi ada dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes.

Sementara untuk Indonesia, Forbes menobatkan dua pewaris PT Djarum, Budi dan Michael Hartono sebagai orang terkaya di Tanah Air. Tahun lalu, keduanya dinobatkan gelar yang sama dengan kekayaan 32 miliar dolar AS atau Rp 440 triliun lebih.

Sementara meski jumlah kekayaannya berkurang, bos Trans Corp, Chairul Tanjung, menyodok masuk lima besar setelah tahun lalu berada di posisi ketujuh. Pada 2018 , Forbes mencatat kekayaan Chairul Tanjung mencapai 3,5 miliar dolar AS, turun dari 3,6 miliar dolar AS pada tahun lalu. (jpg)

Advertisement
loading...