Polantas memasangkan helm kepada penumpang sepeda motor yang tidak pakai helm saat berkendara. F. sandi/batampos.co.id

batampos.co.id РPolisi lalu lintas (Polantas) dari Sat Lantas Polres Karimun,  melaksanakan Operasi Keselamatan Seligi 2018 di berbagai lokasi, Rabu (7/3). Salah satunya di Pos Lantas Jalan Nusantara Tanjungbalai Karimun. Dan, ketika pengemudi sepeda motor melewati beberapa orang Polantas yang bertugas seperti ragu dan ketakutan, karena akan ditilang.

Iklan

”Padahal, seperti yang pernah kita sampaikan, dalam Operasi Keselamatan Seligi 2018 ini, yang kita lakukan di lapangan bersifat simpatik. Atau hanya bersifat teguran dan memberikan surat peringatan. Dan, kita akan mengambil tindakan penilangan jika memang akibatnya fatal terhadap orang lain. Misalnya, kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan meninggal dunia,” ujar Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Teuku Fazrial Kenedy.

Bahkan ada kejadian unik ketika anggota Polantas sedang melakukan kegiatan operasi ini. Ada pengemudi sepeda motor yang yang dipanggil oleh Polantas, namun pura-pura tidak dengar. Hal ini disebabkan rasa takut, sebab penumpang yang dibawa tidak mengenakan helm. Tapi, dipanggil lagi akhir berhenti dan menepi. Kemudian, karena yang dilakukan pihaknya bukan penindakan, maka pengemudi sepeda motor tidak diberikan surat tilang.

”Melainkan, hanya kita berikan surat teguran. Kemudian, kita berikan satu buah helm yang ada SNI. Sekaligus, kita himbau agar tidak hanya pengemudi sepeda motor yang harus menggunakan helm. Tapi, penumpang yang duduk yang dibawa juga wajib mengenakan helm. Hal ini tidak lain untuk menjaga keselamatan dalam berlalu lintas dan sekaligus tertib di jalan raya,” paparnya.

Dikatakannya, selama operasi berlangsung sejak pekan lalu, sudah ada puluhan surat teguran yang diberikan kepeda pengemudi kendaraan bermotor. Sebagian surat teguran inid iberikan karena sepeda motor tidak lengkap dan juga berkaitan dengan penggunaan helm. Surat teguran ini akan masuk dalam dokumen Sat Lantas Polres Karimun sebagai arsip. Dia berharap, dengan dilaksanakan operasi ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pengemudi semakin tertib di jalan raya. (san)