Jumat, 19 April 2024

Stok Beras Cukup untuk 6 Bulan

Berita Terkait

Seorang buruh memanggul beras untuk keluarga sejahtera yang baru tiba di Kundur Barat, beberapa waktu lalu. F. Imam Soekarno/batampos.co.id

batampos.co.id – Stok beras di gundang Badan Urusan Logistik (Bulog) Karimun mencapai 500 ton. Jumlah tersebut dipastikan dapat mencukupi untuk penyaluran rutin ke seluruh daerah-daerah se Karimun.

Sedangkan untuk bantuan pangan nontunai (rastra), mencapai 78,5 ton untuk tiap bulannya. Stoknya pun sudah ada, dan siap disalurkan kepada yang berhak.
“Stok beras di Karimun masih aman. Artinya, cukup untuk penyaluran rutin Bulog selama enam bulan lebih,” kata Kepala Sub Divre Bulog Batam, Agung Rohman, Rabu (7/3) kemarin.

Mengenai kebutuhan beras komersil pada tiap bulannya, diakui cukup bervariatif. Terlebih kebutuhan beras saat menjelang Ramadan diyakini akan meningkat sampai dua kali lipat dari kebutuhan normal.

“Pastinya, kita selalu berkoordinasi dengan Bulog Batam. Kita selalu melaporkan perkembangan terkini persediaan beras di tempat kita, jangan sampai menipis,” katanya.

Koordinasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa persediaan beras di Karimun mencukupi. sebab Bulog Batam nantinya akan langsung mendistribusikan beras ke Karimun jika persediaan berasnya mulai menipis. “Ini untuk menepis agar kelangkaan beras tidak terjadi,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya harga jual di luar dari harga eceran tertinggi (HET) di Karimun, pihaknya menyalurkan beras melalui rumah pangan kita (RPK). Untuk HET Kepri, katanya lagi disesuaikan dengan HET wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dengan harga beras medium Rp 9.950, dan premium Rp 13,300.

“Upaya kita dalam mencegah diluar dari HET melalui RPK. Kalau harga ketentuannya berlaku seluruh Indonesia,” bebernya. (enl)

Update