Jumat, 29 Maret 2024

Disbudpar Pemko Batam Andalkan Swasta untuk Promosi Wisata

Berita Terkait

Jembatan Barelang. Foto: yusuf hidayat/batampos

batampos.co.id – Dinas kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) kota Batam tidak memiliki tim untuk mempromosikan pariwisata Kota Batam. Disbudpar sejauh ini hanya mengandalkan kementerian pariwisata dan pihak swasta untuk promosi wisata. Itu dikarenakan anggaran yang sangat terbatas.

“Kalau tim promosi tidak ada. Tapi kita punya kementerian untuk promosi. Salah satunya adalah dengan memberikan kalender of event Batam. Harapan kita akan banyak yang disupport kita,” kata kepala dinas kebudayaan dan pariwisata, Pebrialin.

Sementara itu, swasta menjadi andalan promosi melalui sejumlah event yang digelar berskala nasional dan internasional. “Seperti kemarin kan ada komunitas memancing. Mata kail Batam yang membuat acara. Ada juga komunitas PARi dan yang lainnya. Ini sangat bagus,” katanya.

Selain itu, pelaku pariwisata seperti hotel dan resort juga menggelar sejumlah kegiatan promosi wisata. Seperti yang dilakukan hotel dan resort yang ada di sekitar Nongsa.

Sementara untuk mendatangkan wisatawan ke Batam, dinas kebudayaan dan pariwisata menggunakan jasa travel agen. Harapannya, travel agent ini membawa sebanyak-banyaknya wisatawan datang berkunjung ke Batam.

“Jadi mereka ini kita harapkan bisa membuat paket wisata ke Batam. Kita kerjasamalah. Kalau anggaran, kita dalam beberapa tahun ini kan selalu defisit,” bebernya.

Sementara itu, anggota komisi II DPRD Kota Batam Uba Ingan Sigalingging mengakui bahwa anggaran untuk dinas pariwisata memang sangat kecil. Tetapi menurutnya, ini bisa dipergunakan dengan sebaik mungkin.

“Kalau masalah anggaran ini, mereka yang datang dengan mengajukan kegiatan dan kita membahasnya. Menurut saya, pariwisata memang harus dikembangkan,” katanya. (ian)

Update