Kamis, 25 April 2024

PMA Jerman Buat Pabrik Olahan Kelapa di Lobam

Berita Terkait

batampos.co.id – PT Bionesia Organik Food, perusahaan asal Jerman akan melakukan kegiatan usaha di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan. Perusahaan di bidang produksi berupa produk olahan kelapa itu akan menyerap sekitar 100 tenaga kerja.

GM PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Lobam, Surya Cahyadi menuturkan perusahaan asal Jerman itu telah menandatangani kontrak untuk melakukan kegiatan usaha industri di Kawasan Industri Bintan, Lobam. “Sudah kontrak, baru tanda tangan. Mereka akan mengirimkan mesinnya dari Jerman ke sini,” kata Surya.

Di KIB, perusahaan itu akan melakukan berbagai produksi olahan kelapa. Mulai dari kelapa kental, cair, kecap kelapa, dan nata de coco. Termasuk kelapa parut kering yang biasa digunakan sebagai bahan campuran biskuit ternama merek Roma. “Pabrik di sini bukan gudang, rencana material dari sekitar sini ,” katanya.

Dalam produksinya lanjut Surya, akan diperlukan mesin boiler. “Memang membutuhkan boiler dan akan setup. Kemarin ada kemungkinan mereka mau sewa mesin kita, pakai BBM,” jelasnya.

Disinggung serapan tenaga kerja, Surya menjelaskan tidak banyak sebab produksi olahan kelapa banyak menggunakan mesin atau otomatis. Sedangkan untuk investasinya, ia menyebut sekitar ratusan miliar.”Berapa banyak produksinya kita koordinasi lagi, namun material kelapa akan datang melalui pelabuhan kita dan diolah di sini,” tukasnya.(met)

Update