Kamis, 25 April 2024

BRC Tanam 2.500 Bibit Mangrove

Berita Terkait

Manager CD PT BRC Machsun bersama Asisten Setdakab Ismail dan Kadispar Bintan Luki Z Prawira usai menanam 2.500 bibit mangrove di wisata mangrove Sei Kecil, Minggu lalu.

batampos.co.id – Mencegah abrasi semakin meluas, PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC) menanam 2.500 bibit mangrove di tepi sungai kawasan wisata mangrove Sungai Kecil, Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Minggu (11/3) pagi.

Hadir dalam kesempatan itu, Manager CD PT. BRC Machsun Asfari, Asisten Pemerintahan Setdakab Bintan Ismail dan Kadis Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira.

Turut hadir Camat Teluk Sebong Heni dan Ketua PC Ansor Bintan Zainal Arifin. Machsun mengatakan, penanaman mangrove didasari rasa prihatin, selain kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Keprihatinan itu dijelaskannya, karena lahan di tepi sungai yang menjadi lintasan boat yang membawa wisatawan dalam tour mangrove makin tergerus. Akibatnya saat ini tepi sungai mulai terjadi abrasi.

“Harapan saya nantinya tak hanya di sisi sana saja yang sudah ada mangrovenya. Namun sisi sini juga mangrove. Jadi ketika wisatawan memandang kanan dan kiri yang dilihat benar benar hutan mangrove,” ujarnya.

Selain itu, dia juga prihatin pembangunan kelong yang tidak terkendali dan berdiri tanpa mengantongi izin. Ia berharap, keberadaan kelong kelong liar tersebut menjadi perhatian pemerintah.

“Itu pr pemerintah, kami berharap ada perhatian serius dari pemerintah,” kata dia.

Ia juga mengatakan, PT BRC terus aktif dalam melestarikan lingkungan. Sejak tahun 2008 sudah ditanam sekitar 36.000 bibit mangrove.

Kali ini, lanjutnya dilakukan penanaman kembali sekitar 2.500 bibit mangrove. Nanti bulan Apri 2018 juga akan dilakukan kegiatan yang sama dengan menanam 2500 bibit mangrove.

“Tapi nanti komite menggunakan dana konservasi, kalau sekarang BRC,” kata dia.

Dijelaskannya juga, 2.500 bibit dibeli dari masyarakat di sekitar dan sebagian didatangkan dari Madong, Senggarang, Tanjungpinang.

Harapnya, kegiatan ini terus berlanjut dan semua pihak mendukung dalam hal pelestarian lingkungan.

Sementara itu, Ismail menyampaikan, Pemkab sangat mendukung langkah positif PT. BRC dalam merangkul masyarakat khususnya pemberdayaan masyarakat. Seperti kegiatan menanam mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di Kabupaten Bintan.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan penanaman pohon oleh Ismail, Kadispar Bintan Luki dan Machsun serta Camat di tepi sungai. (met)

Update