Jalan bergelombang terlihat dijalan Yos Sudarso yang lebih dikenal Seraya Atas, (11/3). jalan bergelombang sangat mengganggu para pengguna jalan yang melintas jalan tersebut yang bisa mengakibatkan kecelakaan. | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jalan besar di Kawasan Seraya Atas, Lubukbaja rusak parah. Mirisnya jalan yang padat dilalui kendaraan itu juga menjadi jalur utama truk hingga trailer berukuran besar.

Kerusakan jalan yang awalnya hanya berada di sebelah kiri jalan kini sudah melebar hingga ke tengah jalan. Tak hanya rusak karena lubang, jalan juga bergelombang dan dinilai sangat membayakan nyawa pengendara, terutama roda dua. Apalagi posisi jalan rusak berada di bengkolan jalan Seraya Atas atau tepatnya setelah hotel Horizon.

Setiawan pengendara roda dua mengaku hampir jatuh saat melintasi jalur tersebut. Ia yang melaju dengan kecepatan sedang tiba-tiba dikagetkan dengan jalur yang sangat parah.

“Sudah lama tak lewat sana, ternyata jalannya semakin hancur. Saya hampir jatuh karena jalan itu bergelombang. Untung saya cepat mengendalikan stang motor,’ terang pria berusia 29 tahun ini.

Menurutnya, jalan tersebut sangatlah membahayakan pengendara karena posisinya berada dijalur cepat. Apalagi banyak truk dan trailer besar yang hampir setiap saat melewati jalur tersebut.

“Kalau sempat ada yang jatuh dan dibelakang ada trailer gimana?. Jalannya benar-benar gila n ngeri,” imbuh Setiawan lagi.

Ia berharap, jalan tersebut bisa segera diperbaiki sebelum adanya korban jiwa. Kalau pun diperbaiki, jangan hanya ditambal karena jalan tersebut butuh perbaikan penyeluruh.

“Takutnya habis ditambal rusak lagi. Kalau bisa kualitas jalan untuk trailer juga diperhatikan, jangan samakan dengan jalan yang kerap dilalui kendaraan biasa,” harap Setiawan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam Yumasnur mengatakan seluruh jalan yang rusak saat ini merupakan jalan yang sudah lama dibangun. Pihak sudah berkoordinasi dengan provinsi dan BP Batam untuk perbaikan jalan tersebut dalam waktu dekat ini. Namun perbaikan jalan masih menunggu ketersediaan anggaran.

Disinggung mengenai kualitas jalan Batam saat ini, Yumasnur mengungkapkan pembangunan jalan sudah diperhitungkan mulai dari sisi miring jalan agar tidak tergenang air. (she)

Advertisement
loading...