Kamis, 25 April 2024

Arah Pembangunan Natuna, Fokus Pariwisata dan Industri Perikanan

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menegaskan, rencana kerja pembangunan Natuna tahun 2019 mendatang difokuskan pada pariwisata dan industri perikanan.

Dikatakan Hamid, pembangunan yang disasar ini salah satunya mendukung kegiatan pariwisata maupun industri perikanan. Diantara akses jalan pariwisata maupun akses jalan masyarakat yang mengelola industri rumahan.

“Boleh bangun jalan ke gunung, menuju perkebunan cengkih. Tapi perkebunan itu nantinya jadi tempat wisata,” ujar Hamid Rizal saat membuka Musrenbang Kabupaten tahun 2019 digedung Sri Serindit Ranai, Senin (12/3).

Penyampaian program kerja tahun 2019 mendatang sambungnya, ditekankan adalah hasil kerja tahunan secara terpadu, menyeluruh dan bersinergi. Mencapai visi dan misi pemerintah daerah, melahirkan masyarakat cerdas, mandiri, beriman dan berbudaya tempatan.

Dikatakan Hamid, dengan kondisi keuangan daerah yang tidak stabil. Memaksakan seluruh elemen pemerintah dan elemen masyarakat menerima keadaan, karena mutlak kebijakan pemerintah pusat. Namun didaerah harus siap menerima berbagai kondisi.

Melalui musrenbang ini, jangan dipandang remeh dan enteng. Karena adalah arah pembangunan Natuna ke depan. Sehingga usulan maupun program yang dicanangkan, berawal dari masyarakat yang merasakan kebutuhannya. Bukan usulan program dari pejabat yang tidak dibenarkan.

“Melalui musrenbang ini, semua sama sama menyatukan pikiran, apa yang kita buat ke depan, masyarakat akan menikmati hasil dari pembangunan,” ujar Hamid Rizal.

Sementara Wakil Ketua DPRD Natuna Hadi Candra menambahkan, DPRD mengapresiasi langkah cepat pemerintah daerah dalam menyusun rencana kerja tahun 2019 mendatang. Mulai Musrenbang tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten.

Candra mengatakan, dalam Musrenbang ini diharapakan seluruh elemen masyarakat yang hadir dapat menyampaikan seluruh usulan. Agar tidak ada lagi keinginan masyarakat yang tidak terakomodir pemerintah.

DPRD sebagai rekan pemerintah sambung Candra, siap memberikan dukungan agar aspirasi masyarakat tersalurkan. Bahkan DPRD menyiapkan kotak aspirasi di kantor DPRD, agar masyarakat dapat langsung menulis aspirasi, jika berhalangan bertatap muka dengan wakil rakyat.

“DPRD berharap, tahapan dalam penyampaian usulan rencana kerja tahun 2019 tidak tertunda. Supaya jadwal pengesahan di DPRD lebih tepat waktu. Baik itu penyampaian RKUA PPAS,” kata Candra.(arn)

Update