Pedagang sayuran, Aji Pratama memilih cabe rawit setan yang akan dijual. |
Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah harga komoditi pokok seperti sayur dan cabai kembali naik. Hal itu diduga terjadi karena pengaruh cuaca yang kurang baik di daerah penghasil.

Azman pedagang sayur mayur di kawasan Bengkong Shopping mengatakan kenaikan harga cabai baru terjadi sekitar beberapa hari terakhir. Harga cabai keriting yang awalnya hanya Rp 60 ribu perkilo kini naik menjadi Rp 65 ribu perkilo. Begitu juga dengan harga cabai rawit dari Rp 45 ribu perkilo naik menjadi Rp 55 ribu.

“Baru naik beberapa hari ini, sebelumnya Rp 60 ribu sekilo, kini Rp 65 ribu untuk cabai merah keriting. Kalau bawang masih normal,” terang pria yang sudah dua tahun belakangan menjual cabai, Senin (12/3).

Tak hanya cabai, harga sayuran juga naik seperti bayam dari Rp 12 ribu perkilo naik Rp 15 ribu, kangkung Rp 10 ribu jadi Rp 12 ribu perkilo, sayur kol dari Rp 20 ribu naik menjadi Rp 25 ribu perkilo.

“Sayuran juga pada naik, naiknya pun macam-macam,”ujar Azman.

Menurut Azman, kenaikan harga diduga karena buruknya cuaca di daerah penghasil. Sehingga harga-harga cabai dan sayur mayur pada naik.

“Katanya cuaca jelek didaerah penghasil makanya pada naik. Kami pedagang ya hanya bisa menerima juga,” imbuhnya lagi.

Hal yang sama juga terlihat di pasar Cahaya Garden. Harga cabai berkisar Rp 60-62 ribu perkilonya.

Sementara di pasar Tos 3000 harga cabai merah keriting ditawarkan Rp 52-55 ribu perkilonya. Harga dipasar tersebut memang jauh lebih murah dibandingkan pasar lainnya. Untuk harga bawang merah Jawa Rp 25-30 ribu perkilonya tergantung besar dan kecil bawang.

Selain itu harga tomat Rp 10-12 ribu perkilo, kentang Rp 12-14 ribu perkilo. (she)

Respon Anda?

komentar