Ilustrasi

batampos.co.id – Sebanyak 72 orang mendaftarkan diri untuk menjadi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam periode 2019-2023 mendatang.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) anggota KPU Kabupaten/Kota Kepri, Razaki mengatakan hingga waktu pendaftaran ditutup Senin (12/3) ada 72 orang yang mendaftarkan diri untuk menjadi bakal calon anggota KPU Batam.

“Dari 72 ini nanti kami akan rangking dari segi kelengkapan hingga pendidikan. 30 orang terbaik akan mengikuti tes berbasis komputerisasi,” kata Razaki, Selasa (13/3).

Untuk tes yang berbasis komputerisasi ini server yang digunakan langsung dari KPU RI. Jadi peserta tidak usah khawatir bila lokasi tes nanti diselenggarakan di salah satu universitas yang ada di Batam.

“Karena yang ikut ada dosen juga. Kami menjamin keamanan untuk tes ini,” sebutnya.

Untuk tes ini akan dilaksanakan 23 Maret mendatang. Mereka yang lolos seleksi tes ini akan di pilih sebanyak lima kali jumlah yang dibutuhkan. Untuk Batam butuh lima komisioner, jadi yang akan lolos adalah 25 orang.

“Begitu juga tes kesehatan nantinya jumlah pendaftaran akan terus mengerucut hingga 10 orang. Jumlah inilah yang akan diajukan ke KPU RI untuk dipilih menjadi anggota KPU Batam,” terangnya.

Razaki menegaskan penetapan anggota KPU masing-masing kabupaten/kota merupakan keputusan mutlak dari KPU RI. “Kami hanya menjalankan rangkaian tahapan seleksi. Hasilnya tergantung mereka (KPU RI, red),” imbuhnya.

Dia menyebutkan secara keseluruhan total pendaftar yang mendaftakan diri untuk menjadi calon anggota KPU kabupaten/kota berjumlah 190 orang. Dua kabupaten yakni Natuna dan Anambas harus dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran karena pendaftar belum memenuhi kuota.(yui)

Respon Anda?

komentar