Jumat, 29 Maret 2024

Pilwako Pinang Minim Baliho

Berita Terkait

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Wali Kota (Pilwako) Tanjungpinang kurang meriah. Banyak warga membandingkan gegap-gempita Pilwako tahun ini dengan lima tahun lalu.

Nurfatilla Afidah, salah seorang warga Penyengat, bahkan merasa semacam sedang tidak mengalami masa kampanye Pilwako. “Gitu-gitu aja di Penyengat, macam tak ada pilkada,” ujarnya, Selasa (13/3).

Dibandingkan dengan Pilwako lima tahun lalu, kata Nurfatilla, gegap-gempitanya serasa tidak ada. Ia menaksir, mungkin karena jumlah pesertanya yang tidak seriuh tahun lalu. “Kalau tahun 2013 kan sampai lima pasang calon, ini kan cuma dua aja, jadi mungkin karena itu sepi,” ucapnya.

Di Tanjungpinang sendiri belum terlihat baliho-baliho kampanye Pilwako. Baru di beberapa titik saja yang terlihat, itu pun di seputara posko pemenangan saja. Selebihnya, belum ada terasa gegap-gempitanya. Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanjungpinang sendiri memang belum rampung dalam mencetak alat peraga kampanye yang sudah menjadi kewajibannya. “Sekarang masih proses pencetakan bahan kampanye di Tangerang,” ujar Komisioner KPUD Tanjungpinang, Yusuf Mahidin.

Sambil menunggu bahan APK dari Tangerang datang, sambung Yusuf, ada baiknya tim pemenangan paslon sudah mulai menyebarkan APK yang dicetak sendiri sesuai dengan kuota yang ditetapkan. Hal ini dinilainya akan jauh lebih efektif ketimbang sekadar menunggu APK yang dicetak KPU. “Jadi sambil bertatap muka dengan masyarakat, bisa langsung dibagikan,” ucap Yusuf lagi.

Bahan peraga kampanye yang sedang dicetak di Tangerang, terdiri dari brosur, selebaran, pamflet dan poster. Penggesaan bahan kampanye ini, tutur Yusuf, juga dikarenakan kemudahan dalam mengirimkan hasil cetakan.
“Kalau APK kan ukuran besar, jadi pasti makan waktu lebih lama,” sambung Yusuf.

Lamanya waktu proses pengiriman, dikatakan Yusuf menjadi salah satu kendala yang menyebabkan keterlambatan persebaran bahan peraga dan juga alat peraga kampanye. “Untuk bahan peraga, kami perhitungkan minggu terakhir bulan ini sudah bisa dibagikan,” pungkasnya.(aya)

Update