Kamis, 25 April 2024

Deby Ajak IRT Tanam Cabai

Berita Terkait

Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Deby Maryanti menyerahkan bibit cabai kepada ibu-ibu rumah tangga. F. Kominfo Pemkab Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Bintan diajak memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam. “Pekarangan rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam cabai di pot,” ujar Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bintan, Deby Maryanti, Rabu (14/3).

Menurut Deby, kegiatan memanfaatkan pekarangan sudah jarang dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Padahal kegiatan ini bisa meringankan beban belanja ibu rumah tangga akibat lonjakan harga sejumlah bahan pangan, terutama cabai.

Bila masyarakat gemar membudidayakan tanaman cabai secara mandiri di perkarangan rumahnya, maka dipastikan tidak akan terjadi lonjakan permintaan yang menyebabkan fluktuasi harga cabai.”Sehingga ibu-ibu bisa mengurangi pengeluaran. Terutama saat harga cabai mahal,” ujarnya.

Dikatakan Deby, cabai salah satu komoditas penyumbang fluktuasi di Indonesia. Bahkan setiap tahunnya disaat-saat bulan tertentu, hampir dipastikan masyarakat selalu dihebohkan dengan kenaikan harga cabai.”Terutama saat menjelang bulan ramadan. Harga cabai cenderung naik karena permintaan yang tinggi,”ungkapnya.(met)

Update