Jumat, 19 April 2024

Satpol PP dan Damkar Diminta Kawal Pemilu

Berita Terkait

Anggota Satpol PP Kota Batam membawakan tarian melayu Japin pada acara peringatan HUT Satpol PP di Dataran Engku Putri Batamcenter, Rabu (14/3). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Anggota Satpol PP Kota Batam menarikan Zapin Batam di Dataran Engku Putri Batam, Rabu (14/3). Tarian ini dipersembahkan dalam rangkaian acara Peringatan HUT Satpol PP ke-68, Hari Perlindungan Masyarakat ke-56, dan HUT Pemadam Kebakaran tingkat Kota Batam.

“Biarpun kami tegas dan berwibawa, kami juga pandai menari,” tutur pembaca narasi tari.

Inspektur upacara, Walikota Batam Muhammad Rudi membacakan pidato Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Pesan dari Mendagri pada HUT Satpol PP kali ini adalah meminta Satpol PP dan Linmas untuk kawal pelaksanaan Pilkada serentak.

“Perayaan ulang tahun kali ini bertepatan dengan tahun politik. Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar, yakni pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan,” ujarnya.

Kedua satuan ini harus lebih siaga di tahun politik. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas diminta terlibat langsung dalam mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada.

Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu Mendagri minta Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.

Tugas yang sama juga dibebankan kepada Pemadam Kebakaran. Mendagri minta pemadam kebakaran sebagai bagian dari aparat pemerintah harus memiliki kesigapan untuk pastikan Pilkada serentak. Pilkada tahun ini akan digelar di 171 daerah yang terdiri 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten berjalan dengan lancar.

“Damkar bahkan memiliki tugas menghadirkan perlindungan masyarakat mewujudkan suasana teduh dalam masyarakat serta tetap siaga lindungi dan amankan objek vital pemerintah dan masyarakat,” kata dia.

Mendagri juga minta damkar dan seluruh pemangku kepentingan terkait, bekerjasama dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Agar perhelatan olahraga regional yang digelar di Jakarta dan Palembang itu berjalan lancar, tanpa terganggu asap kebakaran hutan.(yui)

Update