Sabtu, 20 April 2024

Dispar Targetkan 100 Ribu Kunjungan Wisman

Berita Terkait

Turis Singapura berjalan di dermaga pancung, Sekupang, jumat (9/3). Turis ini pulang dari pantai Telunas terletak di pulau Sugi bersebelahan dengan Pulau Batam, yang telah masuk Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun. Sabtu dan Minggu turis banyak liburan di Batam. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pariwisata Seni, dan Budaya (Disparsenbud) Karimun, menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 100 ribu selama tahun 2018. Sejumlah kegiatan wisata pun telah disiapkan untuk mewujudkan target tersebut.

Beberapa program kegiatan tingkat kabupaten hingga internasional telah dijadwalkan melalui kalender tahunan. Baik pagelaran seni, dan budaya hingga kunjungan ke distenasi objek wisata handalan Bumi Berazam.

“Kita sangat optimis dalam mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara tersebut. Tentunya lewat berbagai program kegiatan yang kita miliki,” kata Kepala Seksi Atraksi Promosi Kerja Sama Pariwisata Dinas Pariwisata, Benny yudishitira, Rabu (14/3) kemarin.

Di tahun 2018, sebut Benny, telah dijadwalkan kegiatan wisata untuk lingkup lokal maupun melibatkan banyak negara. Contohnya kegitan Festival Barongsai yang digelar Maret ini. Selain itu, destinasi wisata Karimun juga cukup menjual bagi wisman.

Adapun kegiatan kepariwisataan yang telah dijadwalkan selama 2018 diantaranya, Festival Rebana, Pentas Seni dan Budaya, Festival Barongsai, dan Parade Tari Daerah yang akan dilaksanakan pada triwulan I Januari, Februari dan Maret. “Kita upayakan semaksimal mungkin mewujudkan target kunjungan wisman tersebut,” katanya.

Untuk Triwulan II (April, Mei, Juni), ada event Lomba Mancing, Lomba Jong di Desa Pongkar, dan Pantai Indah, serta dan Lomba Lampu Colok. Selanjutnya triwulan III (Juli, Agustus, September), ada Lomba Jong di Kundur Barat, Festival Dangdut, Lomba Jong di Kecamatan Moro, Festival Reog, Jelajah Wisata, dan Spirit Of Karimun Carnaval. Termasuk Lomba Karoke, Pawai Budaya dan Tour The Karimun Race Coastal Area.

“Melalui serangkaian kegiatan inilah kita harapkan nanti dapat menggaet sebanyak-banyaknya kunjungan wisman,” kata Benny optimis. (enl)

Update