Rabu, 24 April 2024

Niat Kabur, Seorang Pelaku Curanmor Tenggelam di Dam Mukakuning

Berita Terkait

batampos.co.id – NS terduga pencuri motor hilang saat menceburkan diri di sekitar Dam ATB Mukakuning, Seibeduk, Kamis (15/3). Saat ini pihak Badan Sars Nasional (basarnas) Kepri dan Kepolisian Perairan Polresta Barelang masih melakukan pencarian.

Kapolsek Seibeduk, AKP Sutrisno Saragih mengaku Ns berani menceburkan dirinya ke dalam Dam lantaran dikejar oleh pihak sekuriti PT ATB.

“Infonya dua orang. Korban yang bernama Khaerul Ali alias Roger selamat dan sudah diamankan di Polsek Sagulung sementara Ns ini masih hilang,” ujar Saragih dilokasi.

Dia mengatakan tidak tahu pasti bagaimana keduanya bisa berada di dalam kawasan Dam ATB di Mukakuning . Namun diduga keduanya merupakan pelaku pencurian motor yang tengah melarikan diri. Hal itu diakui juga oleh Kapolsek Sagulung, AKP Hendrianto. Dia mengatakan kedua pria yang menceburkan diri ke dalam dam tersebut merupakan pelaku curanmor.

Awal terungkap mereka pelaku curanmor adalah saat anggota polisi Polsek Sagulung sedang meringkus salah seorang yang juga pelaku curanmor di Rusun Mukakuning, Rabu (14/3) sekitar pukul 13. 00 WIB. Usai meringkus pelaku tersebut, tiba-tiba dua orang yang tengah mengendarai sepeda motor dari arah Batuaji berhenti dan lari pontang-panting masuk ke dalam Rusun.

Merasa ada yang janggal, anggota polisi itu pun melakukan pengejaran kepada keduanya, namun karena sudah terlalu jauh dan mereka masuk ke dalam hutan Dam Duriangkang, akhirnya dibiarkan. “Tapi motor yang ditinggal diamankan anggota, dan setelah dicek, ternyata motornya hasil curian, dan TKPnya di Sekupang,” jelas Hendrianto.

Hendrianto menyimpulkan keduanya melarikan diri lantaran takut ditangkap oleh anggota polisi. “Mereka takut ditangkap, ” katanya.

Sementara selama berada di dalam hutan Dam Duriangkang, kedunya bersembunyi sekitar dua jam. Lalu setelah dipergok oleh seorang satpam perusahaan ATB, keduanya lari kocar-kacir dan berniat menyeberangi danau. Namun naas, keduanya tak berhasil melarikan diri. Khaerul berhasil diselamatkan setelah hampir tenggelam sedangkan Ns menghilang saat berenang.

“Diduga dia (Ns, red) tak bisa berenang dan tenggelam,” ujar satpam ATB, Muhammad Said.

Setelah mengamankan Khaerul, pihak satpam pun menghubungi Polsek Seibeduk. Oleh Polsek Seibeduk yang mengira pelaku termasuk komplotan curanmor yang sebelumnya ditangkap oleh Polsek Sagulung lantas menghubungi mereka kembali.

“Saya dapat info sekitar pukul 18.00 WIB, saya pun perintahkan anggota untuk menjemput pelaku yang selamat,” jelas Hendrianto lagi.

Kepada Hendrianto, pelaku yang selamat mengakui jika kendaraan yang diamankan memang hasil curian. Saat ini pelaku masih di tahan Mapolsek Sagulung, sementara pelaku yang tenggelam masih belum ditemukan.

“Menurut pengakuannya mereka habis nyabu juga kalah main jackpot. Karena masih pengaruh sabu, jadi pikiran mereka ling-lung dan ketakutan,” tutup Hendrianto. (une)

Update