Selasa, 19 Maret 2024

Peserta Dimotivasi Jadi Pemimpin

Berita Terkait

Narasumber ketika memberikan materi di kongres IONAS MPK III dan latihan dasar kepemimpinan di SMAN Karimun. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Kongres Ikatan Osis SMP Nasional (IONAS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) ke-3 dan latihan dasar kepemimpinan 2018 kembali dilanjutkan, Kamis (15/3) di SMPN 1 Karimun. Agenda kali ini, membahas dunia pendidikan, menjadi seorang wirausahawan serta bagaimana seorang pemimpin yang harus menjadi tauladan bagi anggotanya.

Selain itu, pemilihan pengurus kongres IONAS ke IV dan pengenalan serta presentasi sekolah dari peserta yang sekaligus pertukaran ide juga ikut dibahas.

“Dari 10 sekolah yang ikut, mereka diberikan kesempatan untuk mengeluarkan ide terhadap dunia pendidikan. Yang langsung berdiskusi dengan narasumber maupun para pelajar lainnya,” kata Romi Noviza ketua panitia IONAS MPK ke 3, kemarin (15/3) di SMPN 1 Karimun.

Narasumber yang dihadirkan dari bidang kewirausahaan yaitu Yusriana Susanti, bidang kepemimpinan Paizah dan hipnoterapi Rica Irma Dhiyanti serta dari Dinas Pendidikan Karimun.

“Kalau dilihat antusias para pelajar cukup tinggi, terutama yang berasal dari luar Karimun. Walaupun, mereka baru kenal tapi kesan pertama keakraban antar pelajar sudah terjalin bagus,” ungkapnya.

Pada hari pertama para perwakilan sekolah dari 10 sekolah melakukan kunjungan ke kantor DPRD Karimun, Pemkab Karimun, masjid Agung dan objek wisata yang ada di Karimun. Dan kegiatan tersebut, disejalankan dengan pagelaran kesenian SMPN 1 Karimun. Dari 10 perwakilan peserta, di antaranya dua sekolah SMPN dari Jakarta, Makasar, Bangka Belitung, SMPN 2 Binaan Tebing, SMPN 2 Karimun, SMPN I Meral, SMPN I Kundur, SMP Satap Durai dan SMPN I Karimun sebagai tuan rumah.

Alhamudlillah, Kabupaten Karimun khususnya SMPN I Karimun dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan ini. Yang secara otomatis, ada nilai tambah bagi sekolah kita. Dan paling penting, memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk bertukar informasi dunia pendidikan maupun kebudayaan masing-masing sekolah,” kata Romi.

Pantauan di lapangan, para pelajar dari masing-masing sekolah sedang serius mendengarkan penyampaian narasumber. Baik secara lisan maupun dilakukan praktek dalam penyampaian materi dari narasumber. (tri)

Update