ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Batam akan mendata dan mengusulkan wirausaha pemula Batam untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM).

“Iya tahun ini ada sedikitnya 1.600 wirausaha pemula yang akan dibantu pemerintah. Kami inginnya Batam juga mendapatkan bantuan ini,” kata Kepala Dinas KUKM, Suleman Nababan, Kamis (15/3).

Masing-masing wirausaha pemula ini akan diberikan bantuan sebesar Rp 10-13 juta untuk mengembangkan usahanya. “Itu bantuan jadi tak ada istilah dikembalikan seperti bantuan yang didapatkan di dana bergulir dan KUR,” sebutnya.

Suleman menjelaskan program ini sudah berjalan selama dua tahun. Wirausaha pemula yang mendapatkan bantuan ini harus memenuhi beberapa persyaratan sepertu usaha sudah berjalan selama enam bulan. Itu dibuktikan dengan adanya surat izin usaha yang dikeluarkan camat, usaha yang dijalani aktif dan menghasilkan.

“Jadi usaha itu harus aktif. Karena itu nantinya akan dinilai. Tahun lalu kita tak ada yang dapat dari Batam. Untuk itu kami akan mendorong mereka agar bisa mendapatkan bantuan ini,” terangnya.

Tidak saja itu, wirausaha pemula ini harus mengunggah proposal bisnis yang mereka jalani ke website kementrian KUKM. “Nanti mereka akan seleksi dan akan dicek oleh tim yang mereka turunkan untuk membantu pemgembangan usaha di sini. Tahun ini kami dapat tiga tim pendamping dari pusat,” beber mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam ini.

Karena adanya beberapa prosedur inilah, pihaknya harus bekerja untuk mengumpulkan dan mendata wirausaha muda untuk bersama-sama mengunggah proposal bisnis mereka.

“Nanti kami kumpulkan dan kita ajak mendaftar bersama. Lumayan kalau dapat 50-100 orang wirausaha pemula. Nanti uangnya akan ditransfer ke rekening mereka masing-masing. Selain itu nanti kami akan surati ke pusat nama-nama wirausaha ini agar bisa menjadi pertimbangan,” ungkapnya.(yui)

Respon Anda?

komentar