Iklan
ilustrasi

batampos.co.id – Sebetulnya berapa lama durasi yang tepat untuk tidur?

Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Vaccination dr. Kristoforus Hendra Djaya SpPD menjelaskan, ternyata jumlah waktu tidur yang ideal adalah tergantung usia seseorang. Jadi tak bisa disamaratakan durasi ideal tidur semua orang.

“Cukup berbeda tergantung usia sehingga tidak sama,” kata Kristoforus kepada JawaPos.com, Kamis (15/3).

Balita membutuhkan lebih dari 10 jam tidur per hari, sedangkan orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 7 jam tidur per hari. Tentu akan berbeda lagi untuk lansia.

Adakah kaitannya kualitas tidur dengan tingkat kebugaran tubuh?
Infografis World Sleep Day

Infografis World Sleep Day (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

Ternyata tingkat kebugaran tubuh setelah bangun tidur tidak hanya ditentukan oleh durasi tidur, namun juga oleh kualitasnya. Kristoforus mencontohkan seperti berapa kali bangun selama tidur dan adakah gangguan selama tidur.

“Seperti mengorok dan terbangun akibat sesak dan keinginan berkemih,” jelasnya.

Dilansir dari National Sleep Foundation (NSF) merekomendasikan durasi waktu tidur pada setiap usia berdasarkan para ahli terkait.

Berikut rekomendasi waktu ideal selama tidur berdasarkan usia:

1. Usia 0-3 bulan, 14-17 jam per hari yang sebelumnya 12-18 jam per hari

2. Usia 4-11 bulan, 12-15 jam per hari yang sebelumnya 14-15 jam per hari

3. Usia 1-2 tahun, 11-14 jam per hari yang sebelumnya 12-14 jam per hari

4. Usia 3-5 tahun, 10-13 jam per hari yang sebelumnya 11-13 jam per hari

5. Usia 6-13 tahun, 9-11 jam yang sebelumnya 10-11 jam

6. Usia 14-17 tahun, 8-10 jam per hari yang sebelumnya 8,5 – 9,5 jam per hari

7. Usia 18-25 tahun, 7-9 jam per hari

8. Usia 26-64 tahun 7-9 jam per hari

9. Usia 65 tahun ke atas yakni 7-8 jam per hari

(ika/ce1/JPC)