Kamis, 28 Maret 2024

Camat Sekupang Turun Tangan Perangi Nyamuk di Marina

Berita Terkait


Camat Sekupang, M. Arman menyerang nyamuk dengan asap di Perumahan Rabayu Regency, Marina.| Eusebius

batampos.co.id – Camat Sekupang M Arman beserta jajarannya turun melakukan pengasapan atau fogging di sejumlah perumahan di Marina, Kelurahan Tanjungriau, Sekupang, Minggu (18/3) pagi. Pengasapan untuk membasmi nyamuk itu juga dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam Gintoyono Batong.

Pantauan di lapangan sedikitnya ada tiga perumahan yang difogging oleh petugas dari kecamatan itu yakni perumahan Oase Marina, Rhabayu Regency dan Laguna Regency. Arman yang memimpin kegiatan tersebut juga turut menggeledah rumah-rumah warga dengan alat penyemprot asap.

Saat melakukan pengasapan Arman mengaku prihatian dengan kondisi lingkungan warga di sana. Dia menilai kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan masih minim. Genangan air yang menjadi wadah berkembang biar nyamuk masih terlihat di dalam atau di halaman rumah warga.

“Wah ini berbahaya, banyak genangan air di rumah-rumah warga ini. Pak RW tolong ingatkan lagi warganya untuk tidak membiarkan ada genangan air termasuk di dalam parit,” ujar Arman disela-sela kegiatan pengasapan itu.

Kepada Batam Pos Arman menuturkan, fogging tersebut merupakan tindak lanjut laporan perangkat RT/RW sekecamatan Sekupang terkait mewabahnya penyakit Deman Berdarah Dangue (DBD).

“Kemarin (fogging) di pulau Seraya. Alhamdulilah sudah teratasi wabah nyamuk di sana. Sekarang di sini di RW 19. Ada laporan dari pak RW bahwa ada warga yang terjangkit DBD makanya kami turun,” ujar Arman.

Sejauh ini kata Arman, wilayah kecamatan Sekupang sedikitnya ada dua kelurahan yang mulai mewabah penyakit DBD yakni kelurahan Tanjungriau dan Tiban Indah. “Baru dua kelurahan tapi hampir merata ada di setiap perumahan. Ini jadi fokus perhatian kami kedepannya. Bagaimanapun ini harus secepatnya dicegah,” ujar Arman.

Selain rutin melakukan fogging, Arman juga menghimbau masyarakat di Sekupang pada umumnya untuk memperhatikan kebersihan lingkungan. Dia memintah perangkat RT/RW peran aktif menyadarkana warganya untuk biasakan hidup bersih dan sehat.

“Terutama genangan air. Itu yang harus diperhatikan. Percuma kalau foggging saja, sementara jentik-jentik nyamuk dibiarkan berkembang biak di dalam rumah. Habis fogging muncul lagi mereka,” tegas Arman.

Ketua RW 19 Marina Suwardi dalam laporannya mengakui adanya persoalan itu. Beberapa warga di bawa naungan RW 19 kelurahan Tanjungriau sudah positif terjangkit DBD.

“Banyak sebenarnya pak. Cuman yang ada bukti laporan baru satu di perumahan Oase Marina. Sekarang masih sakit anaknya. Makanya kami sangat berterima kasih pak camat mau merespon kelurahan kami disini,” ujar Suwardi.

Suwardi juga mengakui jika mewabahnya DBD itu karena masyarakat masih minim menyadari pola hidup sehat. Untuk kedepannya dia bertekad akan lebih maksimal lagi menyadarkan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Ini jadi program kerja kami kedepannya biar rutin melakukan gotong royong membersihkan parit dan lingkungan,” ujar Suwardi. (eja)

Update