Sabtu, 20 April 2024

Bayi Gizi Buruk Kini Sudah Tumbuh Normal

Berita Terkait

Vania Atabina Karafi, 9 bulan, bayi yang mengalami gizi buruk saat dirawat di RSUD Embung Fatimah, Batuaji, Rabu (31/1). Saat masuk RSUD Embug Fatimah berat bayi ini 4,1 Kilogram dan sekarang sudah satu Minggu perawtan di RSUD beratnya 4,9 Kilogram. Kini dia telah sehat. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Masih ingat bayi perempuan yang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji karena menderita gizi buruk beberapa waktu lalu. Kini Vania Atabina Karafi bocah 11 bulan itu benar-benar sehat. Tubuhnya tak lagi kurus seperti semula. Berat hingga pertumbuhan badannya mulai normal layak balita normal pada umumnya.

Saat ditemui di rumah kontakan pasangan Doni, 27 dan Lalifa, 25 orangtuanya di Kaveling Lama Blok K nomor 23, Sagulung, Vania tampak semangat bermain bersama dua kakaknya. Kondisinya benar-benar fit seperti bayi seusia pada umumnya. Dia pun sudah bisa mengucapkan kata-kata khas layaknya seorang bayi. Sebutan mama papa juga sudah bisa disuarakan bocah berkulit putih itu.

“Alhamudililah, setelah dari rumah sakit (RSUD) kondisinya terus membaik. Sekarang sudah naik lagi badannya. Tak ada keluhan lagi darinya,” ujar Lalifa, kepada wartawan, Minggu (18/3).

Kembali normalnya pertumbuhan Vania itu diakui Lalifa juga tidak terlepas dari obat-obatan yang didapat dari rumah sakit. Vania juga kembali rutin mengkonsumsi asupan yang sesuai semenjak keluar dari rumah sakit.

“Dulukan (saat diserang gizi buruk) cuman susu kental itu yang diminumnya. Sekarang sudah susu bubuk yang sesuai. Jadi sudah baiklah perkembangannya.” Kata Lalifa.

Kondisi Vania yang terus membaik itu membuat Lalifa dan Doni legah. Kini mereka tak perlu lagi bolak balik ke RSUD untuk mengobati Vania.

“Sudah bisa di Pusyandu makanya tak ke rumah sakit lagi. Kata dokter sudah normal dia,” tutur Lalifa.

Kedepannya Doni dan Lalifa bertekad akan mengupayakan yang terbaik bua Vania. Sekalipun Doni hanya sebagai penjual es cendol, Lalifa mengaku akan berupaya semaksimal mungkin untuk tidak lagi mengabaikan kebutuhan pertumbuhan Vania. (eja)

Update