Selasa, 19 Maret 2024

Seragam Sekolah Tak Kunjung Dibagikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejumlah orang tua siswa SMKN 7 Batam mengeluhkan seragam sekolah untuk siswa kelas X yang tak kunjung dibagikan pihak sekolah. Padahal, untuk biaya pembelian seragam ini sudah dibayarkan orang tua siswa pada saat mendaftarkan anak mereka di sekolah tersebut.

“Sudah bayar, malah bajunya tak kunjung selesai,” sesal Wati, salah satu orang tua siswa, Minggu (18/3).

Diakuinya, anaknya saat ini sudah naik ke kelas XI dan belum mendapatkan seragam. Pihak sekolah hanya menjanjikan, nyatanya sampai memasuki tahun ajaran baru, seragam yang dijanjikan masih belum diterima.

“Orang tua selalu dijanjikan, namun realisasinya nol besar,” tuturnya.

Selain persoalan seragam, guru honor dana bantuan Operasional Sekolah juga mengeluhkan pihak sekolah. Sebab, sejak beberapa bulan terakhir mereka belum menerima gaji. Akibatnya, mereka terpaksa meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan biaya trasnpor sehari-hari.

“Kami yang honor di sini sangat menantikan dana BOS, karena dari situ kami dapat penghasilan,” keluh salah seorang guru honor di SMKN 7.

Ia mengakui, tidak adanya transparansi penggunaan dana BOS menjadi penyebab tertundanya pembayaran gaji guru honor.

“Informasinya demikian, pengelolaan anggarannya tidak transparansi. Padahal seharusnya 15 persen dari dana BOS itu bisa dibayarkan untuk gaji guru,” sesalnya.

Sementara itu anggota Komisi IV DPRD Batam, Aman mengatakan, menyesalkan permasalahan di SMKN 7 ini. Ia mengaku memang sering menerima laporan masyarakat terkait seragam dan gaji guru honor ini. Bahkan ada juga yang mengadu jika anaknya belum menerima nomor ujian nasional.

“Keluhan ini sering disampaikan masyarakat. Tapi SMK dan SMK domain adalah propinsi,” kata Aman.

Ia berharap, teman-teman di DPRD provinsi menelusuri guna memastikan kebenaran informasi dari masyarakat tersebut.

“Kalau betul beberapa masalah ini terjadi di SMKN 7, maka kepala dinas pendidikan provinsi harus segera mengambil langkah tegas terhadap pihak terkait,” tegasnya. (rng)

Update