Jumat, 29 Maret 2024

Generasi Muda tak Tahu Lagu Perjuangan

Berita Terkait

Dalmasri Syam. F. Dokumentasi batampos.co.id

batampos.co.id – Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam sedih melihat generasi muda saat ini kurang peduli terhadap negara. Bahkan para penerus bangsa ini tidak mengatahui lagu-lagu perjuangan.

“Memang kelihatannya sederhana. Tapi pengaruhnya sangat kuat, mempengaruhi kemerosotan pertahanan negara,” tegasnya saat membuka seminar Sishanta di aula kantor bupati, Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Senin (19/3) pagi.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh elemen masyarakat berperan aktif dalam usaha mempertahankan kedaulatan negara Republik Indonesia. Karena menurut dia, ancaman-ancaman yang dapat merusak generasi muda sangat banyak terjadi. Makanya butuh komitmen bersama sehingga ancaman tersebut dapat dicegah sedini mungkin.

Dalmasri berharap, dengan pelaksanaan seminar ini dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana cara melindungi negara. Ditambahkannya, terlebih Kabupaten Bintan adalah gerbang terdepan negara Indonesia.

“Untuk peserta tanyakan apa yang tidak diketahui, apa yang harus dilakukan jika terjadi ancaman-ancaman,” kata dia.

Dan, lanjut dia, jangan lupa khusus untuk para mahasiswa yang ikut seminar ini untuk sharing pengetahuan yang sudah didapat dari seminar ini. “Sharing ke kepada teman-teman lainnya ya,” kata dia mengakhiri.

Pejabat PKP Kemenhan RI, Kolonel Laut M. Napitupulu menjelaskan, hak dan kewajiban warga negara adalah mempertahankan kedaulatan negara karena mempertahankan itu melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.

Ia pun menjelaskan, pertahanan negara bukan tugas institusi melainkan pemerintah daerah dan semua elemen masyarakat wajib terlibat aktif dalam keamanan negara.

“Jalankan sesuai perannya masing masing dengan mendukung kebijakan pertahanan negara,” kata dia.(met)

 

Update