Selasa, 19 Maret 2024

Pemko Batam Prioritaskan Peningkatan Drainase

Berita Terkait

Alata berat eskavator membuat draianse untuk mencegah banjir. | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air bersama dengan Balai Sungai Wilayah IV (BWS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mulai pengerjaan drainase induk di Seibeduk.

“Tahun ini sudah mulai pengerjaa,” kata Kepala DBMSDA Kota Batam, Yumasnur, Rabu (21/3).

Ia menjelaskan pelebaran drainase tersebut menjadi salah satu prioritas yang akan dikerjakan. Pengerjaan dilakukan secara bertahap. Tahun ini dimulai dengan tahap normalisasi dulu. Berikutnya akan dilanjutkan dengan bangunan fisik.

Yumasnur menyebutkan nantinya drainase akan dilebarkan menjadi 30 meter. Untuk perluasan drainase ini sudah dimulai dari tahun sebelumnya, termasuk lahan yang akan digunakan untuk pelebaran.

“Semua sudah ok dan tak ada masalah. Jadi tahun ini sudah mulai ada pengerjaan oleh BWS IV,” sebutnya.

Ia menambahkan seluruh drainase yang ada di Batam akan dilakukan normalisasi. Saat ini alat yang dimiliki oleh DBMSDA turun ke drainase yang tersebar di Batam. “Kami juga koordinasi dengan camat setempat,” ujarnya.

Mengenai proyek prioritas di tahun depan. Yumasnur menyebutkan semuanya masih dalam pembahasan Musrembang tingkat kota Batam. “Nanti kami lihat yang mana saja yang prioritas tentu akan diutamakan, terutama pengentasan permasalahan banjir melalui pembangunan dan perbaikan drainase,” terangnya.

Termasuk drainase yang ada di Legenda Bali. Ini menjadi salah satu prioritas karena sudah beberapa kali juga diusulkan di musrembang. “Ini lagi dibahas juga. Jika keadaan sudah sangat mendesak akan kami kerjakan tahun depan,” tambahnya.

Lanjut Yumasnur, dalam usulan musrembang didominasi usulan peningkatan drainase. Seperti diketahui banjir merupakan salah satu yang harus diselesaikan tahun ini. “Untuk jumlahnya masih kami bahas. Sesuai dengan kesanggupan anggaran yang ada nantinya,” tutup dia.(yui)

Update