Selasa, 19 Maret 2024

Perkuat Sektor Kemaritiman

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun memberikan sambutan saat menerima kunjungan Perwira Siswa (Pasis) Sekkau Angkatan 103 di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (21/3). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa Kepri dengan 96 persen wilayah lautan dan 2.408 pulaunya menyediakan potensi yang besar. Potensi tersebut bisa jadi positif maupun negatif. Untuk itu kekuatan pertanahanan dari berbagai sisi harus terus ditingkatkan untuk menjaga salah satu visi nawa cinta yakni menjadi poros maritim.

“Di sini peran TNI sangat penting, menjaga eksistensi poros maritim terus diperkokoh, salah satunya di sektor pertahanan,” kata Nurdin saat menerima kunjungan Perwira Siswa (Pasis) Sekkau Angkatan 103 dalam rangka kuliah kerja di Provinsi Kepri bertempat di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (21/3).

Nurdin menambahkan, potensi yang menimbulkan sisi positif didapat dengan mengelola kekayaan alam. Apalagi potensi itu mampu meningkatkan potensi lokal untuk kesejahteraan rakyat. Namun sisi negatifnya yakni potensi rawan konflik, penyeludupan-penyeludupan serta tindak kejahatan perlu diredam dan dituntaskan.

Tanjungpinang sendiri kata Nurdin merupakan tempat yang tepat dijadikan objek untuk kuliah kerja rombongan. Sebagai Ibukota Provinsi kata Nurdin, daerah ini kaya akan kebudayaan dan sangat perlu untuk disinggahi.

“Jika sempat, silahkan kunjungi pulau Penyengat. Di sana kaya dengan wisata kebudayaan Kepri,” ajak Nurdin.

Sebanyak 47 orang rombongan Pasis datang ke Kepri dalam rangka kuliah kerja, dengan mengambil tema “Pembangunan Kekuatan Udara Guna Mendukung Kebijakan Poros Maritim Dunia”.

Komandan Sekolah Komando Angkatan Udara Kolonel Pnb. Esron BS Sinaga mengatakan bahwa kuliah kerja dilakukan sebagai bentuk aplikasi dalam pengamanan wilayah udara RI dan Kepri berada di wilayah strategis berbatasan dengan Negara tetangga, maka potrensi ancaman dan kerawanan baik datangnya dari militer maupun non militer.

“Kepri merupakan tempat yang tepat untuk tempat belajar dan mengaplikasikan tugas dan tanggung jawab kami menjaga wilayah udara NKRI,” kata Esron.

Sementara itu, Kepala Barenlitbang Naharuddin dalam paparannya menjelaskan secara ringkas profil dari Kepulauan Riau.

“Mencapai Visi Misi pembangunan salah satunya terfokus pada unggul dibidang maritim maka pembangunan kekuatan di udara juga merupakan elemen penting,” kata Nahar.

Hadir pada kesempatan tersebut Wadan Kodiklat AU Marsekal Pertama TNI I Nyoman Trisantosa, Danlanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb. M. Dadan Gunawan, Kasatpol PP Subandi,Kadis Pemberdayaan Perempuan Misni, berserta tamu undangan lainnya. (bni)

Update