Jumat, 29 Maret 2024

BNN Sebut Ada Aparat Bekingi Narkoba

Berita Terkait

Ketua BNN Kabupaten Karimun Ahmad Soleh ketika melakukan dialog dengan instansi pemerintah. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karimun menggelar rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti narkoba bersama instansi pemerintah daerah dan vertikal, Rabu (21/3) kemarin. Tujuannya untuk membuat program kegiatan di masyarakat melalui instansi-instansi sehingga bisa menekan angka penggunaan narkoba di tengah-tengah masyarakat.

“Sebagai informasi saya sampaikan, Karimun ini sudah hampir merata penggunaan narkoba hingga tingkat desa/kelurahan,” kata Ketua BNN Kabupaten Karimun Ahmad Soleh.

Dari data Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun, kasus yang banyak disidangkan rata-rata terkait narkoba. Dan korban narkoba yang dilakukan rehabilitasi juga melebihi target yang telah ditetapkan. Untuk itu peranan semua instansi dalam menekan angka penggunaan narkoba.

“Kalau pengedar narkoba tidak bisa dikategorikan dari kalangan mana saja. Sebab, semua campur, ada aparat yang menjual dan juga membekingi narkoba dan sebagainya,” ungkapnya.

Sedangkan, peranan Pemerintah Daerah (Pemda) Karimun kepedulian terhadap permasalahan narkoba kurang. Dengan adanya rapat kerja ini diharapkan peranan Pemda Karimun lebih peduli lagi, salah satu caranya membuat spanduk pesan akan terhadap bahaya narkoba.

“Yang jelas dari pengadilan sudah merasakan. Termasuk saya juga, Anda taulah. Bahkan, kasus penyelundupan narkoba ke Karimun terus meningkat,” jawabnya.

Sementara Sekda Karimun M Firmansyah ketika dikonfirmasi mengatakan, Pemkab Karimun tetap berkomitmen mendukung pencegahan narkoba di Kabupaten Karimun. Dan sudah melakukan penyuluhan maupun sosialisasi akan bahaya narkoba di kalangan pelajar.

“Kalau di kalangan ASN sudah kita lakukan, salah satunya tes urine secara berkala,” ucapnya.

Namun lanjut Firmansyah lagi, peranan masyarakat sangatlah penting dalam memerangi narkoba. Yang diawali mulai dari keluarga, lingkungan rumah hingga tingkat yang lebih luas. Artinya, memerangi narkoba harus berantai mulai dari bawah hingga ke atas.
“Peranan keluarga juga sangatlah penting. Terutama generasi peneruslah,” tuturnya. (tri)

Update