Sabtu, 20 April 2024

BP Batam Bina Karakter Pegawai

Berita Terkait

ilustrasi Karyawan BP Batam. | bkdi bp batam

batampos.co.id – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melakukan program pembinaan karakter dan mental aparatur bagi karyawan, di antaranya dengan mengadakan pengajian rutin mingguan bagi karyawan yang beragama Islam dan ibadah persekutuan do’a bagi karyawan kristiani.

Kegiatan pengajian rutin bagi karyawan muslim dikordinasikan oleh Badan Koordinasi Dakwah Islam Badan Pengusahaan Batam (BKDI BP Batam). Sedangkan ibadah persekutuan doa dikordinir oleh pengurus persekutuan doa.

Pengajian rutin di tahun 2018 dilaksanakan pada setiap Kamis, usai sholat dzuhur berjamaah. Sedangkan ibadah persekutuan doa pada setiap Jumat siang.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BP Batam Asep Lili Holilulloh mengemukakan, kegiatan pengajian dan ibadah persekutuan doa merupakan bagian dari kegiatan pembinaan karakter dan mental karyawan BP Batam.

“Khusus pengajian rutin ini sudah mulai dilaksanakan sejak pertengahan Februari lalu. Dan kita menghimbau agar para karyawan yang muslim dapat menghadirinya, begitupun bagi pegawai yang kristiani dapat hadir di kegiatan ibadah persekutuan doa,” ujar Asep Lili Holilulloh ditemui usai pengajian rutin, Kamis (22/3).

Pada setiap pengajian rutin ini BKDI BP Batam mengundang dai, khususnya dari Batam, yang sering mengisi beberapa tausiyah di beberapa tempat.

“Kita undang beberapa penceramah secara bergantian sesuai dengan topik yang sudah dijadwalkan. Semoga dapat dilakukan secara rutin, tidak hanya di kantor pusat saja, tetapi juga di beberapa unit kerja lain, seperti kantor pelabuhan, bandara Hang Nadim, Ditpam, dan RSOB,” ujar Asep yang juga Ketua III BKDI BP Batam Bidang Dakwah dan Pendidikan.

Asep Lili Holilulloh mengemukakan bahwa dalam penyelesaian permasalahan kepegawaian, pendekatannya tidak cukup hanya dengan pendekatan represif saja, baik itu dengan peraturan dan sebagainya, akan tetapi perlu juga dilakukan dengan cara persuasif.

“Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kegiatan pengajian seperti ini. Para pegawai kita harapkan dapat mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Dalam waktu dekat BKDI BP Batam juga akan melaksanakan kegiatan peringatan Isra’ Mikraj, serangkaian kegiatan bulan Ramadhan, serta akan membangun mushola di gedung BIFZA. (*)

Update