Selasa, 19 Maret 2024

Camilan Bintan Merambah Pasar Abu Dhabi

Berita Terkait

Ketua Dekranasda Bintan, Deby Maryanti saat kunjungan ke KUBE Bintan Sari di Kelurahan Kijang Kota, Rabu (21/3). f Kominfo Bintan Untuk Batam Pos

batampos.co.id – Kerupuk keriuk, camilan dari Kabupaten Bintan telah merambah pasar luar negeri. Kerupuk ini telah dipasarkan ke sejumlah negara. “Malaysia, Singapura, dan Abu Dhabi,” ujar Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bintan Sari, Fauzani.

Fauzani mengatakan, bersama sepuluh orang anggota KUBE, dia memproduksi sekaligus merangkap sebagai tenaga marketing.

Sejak dibentuk tahun 2010, usaha KUBE Bintan Sari ibarat air laut yang pasang surut. Apalagi di awal-awal KUBE berdiri, anggota KUBE belum semangat dalam memasarkan produk.

Lima tahun telah berlalu. Sekarang usaha KUBE Bintan Sari telah berkembang. Omzet yang dihasilkan dari penjualan kerupuk keriuk berkisar Rp 4 juta sebulan. “Alhamdulillah sudah mampu menambah penghasilan keluarga,” kata dia tersenyum.

Lalu apa perbedaan kerupuk keriuk dengan kerupuk lainnya? ia menjelaskan, kerupuk keriuk dibuat dari bahan utama ikan dan dibuat tanpa campuran bahan pengawet. “Kami jamin kerupuk yang kami buat tanpa bahan pengawet,” ucapnya.

Selain memproduksi kerupuk olahan rumah tangga, KUBE Bintan Sari juga memproduksi keripik pisang dan keripuk ubi. Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Deby Maryanti mengatakan pihaknya bersama Dinas Sosial dan kelurahan mendorong KUBE di Kabupaten Bintan untuk terus berinovasi.

“Bimbingan dan masukan selalu kami berikan untuk meningkatkan kreativitas KUBE,” ungkapnya saat kunjungan ke sejumlah KUBE di Kecamatan Bintan Timur, Rabu (21/3).

Tiga KUBE yang dikunjungi saat itu adalah KUBE Rempah Wangi, KUBE Bintan Sari di Kelurahan Kijang Kota, dan KUBE Kencana di Kelurahan Sei Lekop.

Deby menambahkan, ia sangat bangga melihat semangat ibu rumah tangga yang mau menghasilkan kerajinan tangan dan kuliner untuk membantu meringankan beban suami. “Saya melihat semangat yang dibangun ibu-ibu dalam membuat kerajinan kuliner yang mampu menjadi pemasukan tambahan keluarga,” kata dia. (met)

 

Update