Selasa, 19 Maret 2024

Cek Kesehatan sebelum Menikah

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Tanjungpinang, Rustam mengimbau pasangan muda-mudi yang hendak melangsungkan pernikahan agar memperhatikan kualitas kesehatan.

“Itu amat penting. Karena ada banyak hal yang bisa terungkap dari hasil pemeriksaan bagi calon pengantin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Tanjungpinang, Rustam pada acara Orientasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin Bagi Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pernikahan di Hotel Aston, Kamis (22/3).

Diantaranya upaya pencegahan penyebaran penyakit seksual menular (PMS), hepatitis, hemofili, thalassemia, diabetes, dan buta warna. Selain itu, sambung Rustam, edukasi yang patut diberikan kepada calon pengantin berkenaan keseimbangan gizi bagi calon janin.

Edukasi kesehatan reproduksi ini juga bertujuan agar mencegah kematian ibu dan anak yang secara nasional angkanya masih tinggi. “Semua itu bisa dicegah semenjak dari rencana pernikahan,” ujar Rustam.

Turut hadir dalam kegiatan itu perwakilan dari Kantor Urusan Agama. Di sini, ada andil penting berupa bimbingan pramenikah bagi calon pengantin. Rustam berharap, sinergi antara instansi terkait ini bisa mewujudkan kelahiran generasi-generasi hebat lewat pernikahan yang direncanakan secara tepat. “Dan tentu bukan pernikahan yang terlalu muda,” pungkas Rustam. (aya)

Update