Jumat, 19 April 2024

Hampir 40 Persen Pemilih Muda

Berita Terkait

batampos.co.id – Hampir 40 persen pemilih pada Pilkada Tanjungpinang 2018 diproyeksikan berasal dari kalangan pemilih pemula. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menanggapi realita ini dengan positif. Menurutnya, persentase itu sebagian besar kesuksesan penyelenggaraan Pilkada berada di tangan generasi muda.

“Faktanya seperti itu dari jumlah daftar pemilih sementara yang sudah diplenokan,” ungkap Robby, kemarin.

Kategori pemilih muda yang dimaksudkan Robby adalah mereka yang kelahiran 1980-2001. Besarnya persentase dari kalangan ini membuat sedikit perubahan pada strategi sosialisasi. Robby menjelaskan, sepanjang bulan ini, KPU akan menggencarkan sosialisasi ke kampus-kampus. Ia yakin, dari sosialisasi ini, bisa muncul kesadaran pemilih muda terhadap keharusannya menyalurkan suara para Pilkada 27 Juni mendatang. “Jemput bola, kami tidak bisa cuma menunggu,” ujar Robby.

Kamis (22/3) kemarin, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum menjadi lokasi pertama Sosialisasi Pilkada Tanjungpinang 2018. Di sini, Robby menyampaikan urgensi penyaluran suara dan peran pemilih muda dalam menentukan kesuksesan penyelanggaraan Pilkada. “Kepada adik-adik mahasiswa yang memang punya KTP Tanjungpinang, ayo jangan apatis. Suara kalian juga ikut mempengaruhi kelangsungan kota ini ke depan,” ajaknya.

Apa yang disuarakan Robby mendapat dukungan dari pihak kampus. Ketua STAI Miftahul Ulum, Amir Husin pun sadar, kampus melalui mahasiswa-mahasiswanya punya peran aktif dalam menyukseskan pilkada. Sebab itu, Amir mengimbau kepada seluruh mahasiswa yang ada di daftar pemilih supaya mendatangi tempat pemungutan suara pada 27 Juni mendatang. “Harus memilih yang mana menurut diri sendiri baik, cara memimpinnya bagus dan yang bisa memimpin. Yang penting salurkan suaranya,” imbau Amir.(aya)

Update