Selasa, 19 Maret 2024

KEK Beri Banyak Kemudahan

Berita Terkait

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.
Foto: Cecep Mulyana

batampos.co.id – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo memberikan isyarat bahwa era Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan memberikan banyak kemudahan bagi pengusaha. Sehingga ia meminta agar pengusaha mendukung perubahan Free Trade Zone (FTZ) ke KEK.

“FTZ sudah diputuskan untuk menjadi KEK. Tapi KEK Batam akan berbeda dengan tempat lain. Di tempat lain dimulai dari nol, tapi di Batam sudah ada berbagai macam industri,” jelasnya Kamis (22/3).

Soal penetapan KEK sebagai zona enclave, penyebabnya adalah karena KEK sebenarnya tidak mengenal konsep pemukiman didalamnya.”Makanya harus ada zona enclave, dibatasi mana masuk KEK dan mana luar KEK,” katanya.

Setelah memetakannya dengan akurat, ia melihat bahwa memang Nongsa Digital Park (NDP) yang baru siap menyandang status KEK. “Mengenai kapan, kami dari BP Batam bertugas menyiapkannya bersama NDP. Tapi ujung-ujungnya diproses bersama di Dewan Nasional KEK,” katanya.

Proses penetapan KEK itu diluar kontrol BP Batam yang hanya bertugas mempersiapkannya.”Tapi kami akan siap untuk KEK. Setelah NDP siap jadi KEK, maka yang lainnya nanti akan menyusul,” katanya.

Ia mengingatkan KEK itu punya banyak insentif.”Misalnya kalau investasi dapat dipertimbangkan dapat Tax Holiday dan Tax Allowance. Di KEK daftar negatif investasi juga tak berlaku kecuali untuk bisnis senajata. Pembangunan universitas dan rumah sakit internasional dapat dilakukan, jadi KEK sangat relevan,” paparnya.

Lukita juga menjanjikan kalau proses pengurusan visa dan tenaga kerja akan dipermudah.”Proses layanan dan investasi pokoknya akan lebih mudah,” janjinya.

Sedangkan Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan pembentukan KEK akan membuat Batam menjadi lebih kompetitif.”Sehingga bisa bersaing dengan negara lain,” jelasnya.

KEK memiliki banyak insentif fiskan dan non fiskal dan fasilitas pembiayaan serta teknologi.”Supaya bisa terhubung ke penjuru dunia, makanya diharapkan Nongsa jadi pioner,” harapnya.(leo)

Update