Kamis, 28 Maret 2024

Mari Ramaikan Haul Akbar VIII Majlis Zikir Al Khidmah

Berita Terkait

Pemimpin Redaksi Batam Pos berdialog dengan majelis zikir Al Khitmah Kepri Saat kunjungan ke kantor Batam Pos, Kamis (22/3). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Ketua Majlis Zikir Al Khidmah Kepri, Zainuddin mengimbau masyarakat Batam meramaikan Haul Akbar Kota Batam ke 8 tahun yang akan diselenggarakan pada Minggu 25 Maret 2018, di Halaman Islamic Center, Samping Masjid Raya Batam. Haul Akbar merupakan implementasi syukur dan do’a kepada kedua orang tua, para guru, para pendahulu, para leluhur, generasi penerus, pemerintah serta lingkungan tempat kita berpijak.

Pelaksanaan Haul Akbar Batam sudah terlaksana tujuh kali. Pertama dilaksanakan di tahun 2010 yang dihadiri 1.000 jamaah. Terakhir di Lapangan Islamic Centre, Masjid Raya Batam yang dihadiri 45.000 jamaah. “Ini yang k-8 kami targetkan diikuti 60.000 jamaah. Untuk itulah kami meminta suport dan dukungannya agar kegiatan ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat,” kata Zainuddin saat berkunjung ke Batam Pos, Kamis (23/3).

Para jamaah yang hadir tersebut tidak hanya dari Kota Batam saja, namun juga berasal dari Kota Tanjungpinang, Karimun, Lingga dan Bintan. Bahkan juga dihadiri perwakilan jamaah dari Kota Makassar, Surabaya, Semarang, Jakarta, dan Lamongan. Selain itu, jamaah dari luar negeri juga ikut hadir seperti dari Singapura dan Malaysia. “Yang sudah terkonformasi 300 dari Bintan dan 80 jamaah dari Singapura dan Malaysia,” katanya.

Haul Akbar atau acara tahunan majilis Zikir kirim doa yang dimulai pukul 07.00 hingga pukul 11.00 WIB.

“Intinya melalui Haul Akbar ini kita berzikir, doa dan mendoakan. Sebenarnya, kegiatan zikir seperti ini sudah kita laksanakan setiap bulan di kecamatan. Oleh sebab itu Haul Akbar ini merupakan acara puncaknya,” terang Zainuddin.

Sementara itu Pembina Majlis Zikir Al Khidmah Kepri, KH. Nabhan menambahkan, zikir bagian dari amalan Nahdatul Ulama. Yang selama ini di dalam NU kurang dipertajam. Maka lewat Haul Akbar ini mempertajam pengamalan zikir kepada Allah. Tujuannya, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.  Kemudian, mendoakan tokoh di tanah Melayu, mendoakan kedua orang tua kita, leluhur, tokoh-tokoh masyarakat, serta anak keturunan kita.

“Bahkan kegiatan ini juga bertujuan mendoakan Batam, Kepri dan Indonesia agar tetap kondusif,” ucapnya.

Kegiatan tersebut diisi dengan Kiriman Fatihah (Tawassul), Istighotsah, Pembacaan Surat Yasin, Pembacaan Manakib (riwayat hidup dan karomah) Sulthonul Aulia, Sayyidina As Syeikh Abdul Qadir Al Jaelany, RA, Talqin tahlil dan doa,, Maulidur Rasul (pembacaan sholawat) serta Doa Maulid.
“Kita berharap masyarakat hadir dalam mengikuti zikir Haul Akbar ini,” kata Nabhan.

Pimpinan Redaksi Batam Pos, Muhammad Iqbal mengatakan, prinsipnya Batam Pos mendukung Haul Akbar Batam ke 8 ini. Dukungan akan diberikan dalam bentuk publikasi kegiatan, baik sebelum dan saat acara berlangsung. “Kita juga doakan semoga apa yang direncanakan berjalan lancar,” katanya. (rng)

Update