Sabtu, 20 April 2024

Palapa Ring Barat Mulai Beroperasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Palapa Ring Barat (PRB) dimungkinkan sudah bisa beroperasi tahun ini. Pasalnya, tahun ini sudah dilaksanakan uji coba di Natuna. Bahkan Menteri Kominfo Republik Indonesia Rudiantara, didampingi Direktur Utama Bp3ti Anang Latif, Direktur Utama PT. Palapa Ring Barat Syarif Luminto, Kepala Divisi Hukum dan Humas Bp3ti Latifah Hanum dan Ajudan Menkominfo Andik Wantoro, akan berkunjung ke Anambas untuk menyaksikan uji coba jaringan internet PRB dan sekaligus meninjau perusahaan telekomunikasi sacofa yang belakangan ini sudah diakuisisi PT. SSU.

Kepala dinas komunikasi, informatika dan statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Jeprizal mengatakan, selain ke Anambas rombongan juga dikabarkan akan ke Natuna. Belum diketahui apakah rombongan ke Anambas dulu atau ke Natuna dulu. “Rombongan akan ke Anambas pada hari Senin (26/3) besok dan rencananya akan bermalam di Anambas selama satu malam,” ungkapnya kepada wartawan kemarin.

Lanjutnya, kunjungan Menkominfo bersama rombongan akan dilakukan dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Bandara Halim Perdanakusumah ke Bandara Khusus Matak pada tanggal 26 Maret 2018. Rombongan kemudian melakukan peninjauan ke NOC dan Beach Main Hole (BMH) Palapa Ring Barat sekaligus melakukan sosialisasi dan operasional Palapa Ring Barat dan uji coba internet. Rombongan pun, kemudian dijadwalkan juga meninjau landing point PT. Super Sistem Ultima (SSU), serta meninjau layanan akses internet di SMAN 1 Siantan.

“Selain berencana untuk meninjau lokasi landing point PT. SSU yang dulunya eks Sacofa, rombongan juga melakukan pertemuan dengan FKPD di aula kantor Bupati,” ungkapnya lagi.

Jeprizal juga mengatakan kalau salahsatu provider akan melakukan uji coba untuk mengoperasikan Palapa Ring Barat. Hanya saja, Jeprizal kurang mengetahui dengan pasti apakah hal tersebut berkenaan dengan dongkrak sinyal karena kunjungan Menkominfo yang hanya sesaat itu.

“Yang jelas mereka akan melakukan uji coba dengan BTS mereka yang ada di Pasir Merah. Soal (sementara) itu, kami tidak tahu. Memang, tadi pun hal itu juga menjadi pertanyaan. Pak Sekda yang memimpin rapat pun, juga menyampaikan hal itu. Sayangnya, tidak ada perwakilan dari provider tersebut yang datang. Kalau dari perwakilan Palapa Ring Barat memang hadir dalam pertemuan tadi. Hanya saja, ?itu bukan merupakan kewenangan mereka. Karena, memang harapan kami ada kontribusi nyata dalam pemerataan akses telekomunikasi di Anambas,” ungkapnya.

Namun demikian ada kemungkinan rombongan tidak ke Anambas melainkan ke Batam dan Natuna menggunakan maskapai komersil. “Untuk keputusan fix baru diketahui besok (hari ini Jum’at 23/3),” ungkapnya. (sya)

Update