Jumat, 19 April 2024

Tampung Aspirasi, Fokus ke Pembangunan

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Sekda Karimun teken kesepakatan bersama hasil Musrenbang

batampos.co.id – Musrenbang 2018 Kabupaten Karimun yang diselanggaran sejak tiga hari lalu, ditutup secara resmi oleh Sekda Karimun M Firmansyah, Kamis (22/3).

Penutupan kegiatan tahunan menyerap aspirasi dari seluruh wilayah Kabupaten Karimun ini ditandai dengan penandatangan hasil kesepakatan bersama selama pelaksanaan Musrenbang.

”Musrenbang tahun ini yang kita laksanakan merupakan yang ketiga kalinya sejak 2016 untuk periode kepemimpinan Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Musrenbang yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah ini dalam rangka menampung aspirasi dari seluruh masyarakat melalui perwakilannya yang disejalankan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” ujar Firmansyah.

Pada Musrenbang yang sebelumnya, kata Sekda, yang dituangkan di dalam APBD 2017-2018 ada beberapa hal yang menjadi fokus dari pemerintah. Misalnya, peningkatan sarana air bersih yang saat ini sudah terealisasi. Kemudian, listrik untuk masyarakat hinterland dan termasuk peningkatan sarana jalan di pulau-pulau.

Sedangkan, berdasarkan hasil Musrenbang hari ini (kemarin, red) untuk 2019 fokus pembangunan yang akan dituangkan di dalam APBD adalah pemerataan pembangunan dan sinergitas.

”Mulai tahun depan pemerintah akan meningkatkan kualitas pembangunan dan pem,erataan infrasturktur. Kemudian, untuk sinergitas yang menjadi fokusnya kita akan memperkuat sinergitas dunia usha dalam membangun Karimun yang berdaya saing dibidang martim,” ujarnya.

Dengan adanya fokus pembangunan yang disejalankan dengan RPJMD serta visi dan misi Bupati, maka daerah kita akan memiliki daya saing.

Untuk itu, lanjutnya, semua OPD yang ada di lingkungan Kabupaten Karimun harus menggambarkan rencana program kerja yang sudah disepakati. Termasuk menyediakan sarana dan prasarana infrastruktur pendukung di kawasan FTZ secara memadai. Tidak lupa juga program kerja untuk meningkatkan pengembangan sumber daya maritim dan pertanian. Karena, daerah kita ini dikelilingi oleh laut dan pertanian itu sebagai basis ekonomi kerakyatan.

”Pada tahun depan kita juga sudah mempunyai rencana porgram kerja untuk meningkatkan aksesbilitas pewtani dan nelayan. Yakni, terhadap sumber-sumber permodalan. Hal ini bertujuan untuk bisa membantu pengembangan usaha para petani dan nelayan yang ada di daerah kita,” jelasnya. (san)

Update