Sabtu, 20 April 2024

Tiga Speed Boat Rp 1,5 Miliar Beroperasi Mei

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Perhubungan Kota Batam kembal mendapat bantuan tiga speed boat gratis yang akan beroperasi Mei mendatang. Kapal cepat dengan nilai sekitar Rp 1,5 miliar itu akan difungsikan untuk mengitari pulau-pulau berpenghuni di Batam.

“Kalau tambahan tiga kapal yang baru baru akan beroperasi Mei mendatang. Tapi memang kapalnya sudah ada. Kalau tidak salah, per unitnya Rp 500 juta,” kata kepala UPT Trans Batam, Cipto, Kamis (22/3).

Untuk tarifnya masih gratis. Rencananya dua unit di Belakang Padang dan sekitarnya. Dan satu unit lainnya adalah melayani warga yang ada di wilayah Nongsa, Ngenang, Subang Mas dan Air Raja.

“Sifat kapal ini masih bantuan. Dan dari pak Walikota belum membicarakan masalah tarifnya,” kataya.

Cipto menyebutkan bahwa kapal cepat ini berkapasitas 40 tempat duduk. Di mana jadwal keberangkatan kapal ini nantinya akan ditentukan kemudian.

Sementara empat kapal lain yang tahun lalu sudah beroperasi masih dalam kondisi bagus. Satu kapal di daerah pulau karas-Sembulang, satu kapal di daerah pulau Abang hingga jembatan enam, satu kapal di Kampung Baru Galang.

Anggota komisi III DPRD Kota Batam Werton mengatakan pengadaan kapal ini untuk membantu masyarakat yang ada di pulau. Di mana selama ini mobilitas penduduk memang agak terbatas.

“Kita berharap dengan adanya kapal ini, aktifitas penduduk makin lancar. Ini juga sangat membantu karena memang gratis,” katanya.

Ia berharap dinas perhubungan bisa mensosialisasikan jadwal keberangkatan sehingga masyarakat bisa tahu. Dan ia berpesan kepada pengelola kapal untuk tidak pernah meminta uang kepada masyarakat.

“Saya tegaskan, itu gratis. Jadi jangan membebani masyarakat. Dan ingat jangan karena penumpang sedikit, kapal itu jadi tak berangkat,” katanya. (ian)

Update