Jumat, 29 Maret 2024

Pak Isdianto Senang, : Alhamdulillah Akhirnya Setelah Perjalanan Panjang

Berita Terkait

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri Terpilih Isdianto disambut hangat oleh para pendukungnya begitu menginjakan kakinya di Batam, sekembali dari dari Jakarta, Jumat (23/3) di Bandara Internantional Hang Nadim Batam. Isdianto yang didampingi oleh Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, tak hentinya mengumbar senyum.

Mulai dari eskalator di ruang tunggu kedatangan, hingga di depan terminal kedatangan. Raut bahagia, terpancar dari wajahnya yang terlihat letih itu.

“Alhamdulillah, akhirnya setelah sekian panjang, sekian lama, akhirnya di ridhoi Allah (jadi Wakil Gubernur Kepri,red),” kata Isdianto sembari tersenyum, Jumat (23/3).

Terpilihnya Isdianto menjadi Wakil Gubernur Kepri terpilih, katanya tidak terlepas dari doa seluruh rakyat Kepri. Ia mengatakan selama menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri nanti, dirinya akan memberikan yang terbaik. Demi pembangunan Kepri yang lebih baik.

Saat ditanya tentang target khusus. Isdianto mengatakan dirinya tidak memiliki rencana atau target khusus. Karena posisinya sebagai Wakil Gubernur Kepri, akan mendukung kinerja, visi misi dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

“Saya ini wakil gubernur, jadi menyokong gubernur,” ucapnya.

Bila tidak aral yang melintang, Isdianto akan dilantik oleh Presiden Jokowi, 27 Maret. “Insya Allah, 27 Marey Kepri sudah memiliki wakil gubernur,” tuturnuya.

Isdianto tidak langsung kembali ke Tanjungpinang. Ia mengatakan dirinya akan pergi ke rumah Soeryo Respationo.

“Habis ini langsung ke rumah Pak Soerya (Respationo, red),” ujarnya sembari berlalu.

Perjalanan Isdianto menjadi Wakil Gubernur Kepri cukup panjang. Namanya mencuat setelah rapat partai pengusung yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem dan Partai Gerindra, 27 Desember 2016. Dari rapat itu menetapkan dua nama Isdianto dan Agus Wibowo, sebagai calon wakil gubernur Kepri.

Wagub terpilih Isdianto bersalaman dengan warga yang menyambutnya di Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (23/30. F Cecep Mulyana/Batam Pos

Saat itu, Isdianto masih menjabat sebagai Kadispenda Provinsi Kepri. Nama Isdianto dan Agus Wibowo resmi dikirimkan ke DPRD Kepri, 24 Februari. Demi maju sebagai calon Wakil Gubernur Kepri, ia menanggalkan jabatannya sebagai Kadispenda Provinsi Kepri.

Setelah dua nama ini masuk ke DPRD Kepri, namun pemilihan tak kunjung jua terjadi. Pergelutan politik untuk penetapan Wakil Gubenur Kepri terus bergulir hingga akhir tahun. Walaupun di Oktober 2017 Agus Wibowo mengundurkan diri dari bursa calon Wakil Gubernur Kepri.

Walau menyisakan satu nama saja, yakni Isdianto. Tak memuluskan langkah Isdianto menjadi Wakil Gubernur Kepri. Pihak DPRD Kepri mengacu kepada, bahwa pemilihan Wakil Gubernur Kepri, haruslah menyeratkan dua calon. Karena bila hanya ada satu calon, akan melanggar aturan yang ada.

Titik terang terkait persoalan Wakil Gubernur Kepri, akhirnya mulai terlihat. Setelah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Soni Sumarsono menyebutkan berkas calon Wakil Gubernur Kepri, Isdianto sudah berada di meja presiden, 6 Maret lalu. Ia mengatakan pelantikan Isdianto menjadi Wagub Kepri hanya menunggu tandatangan dari Jokowi saja.

Proses pemilihan Wakil Gubernur Kepri, kata Soni sudah sesuai dengan apa yang diamanatkan Undang-Undang. Ia menilai Gubernur Kepri sudah melakukan langkah yang benar, dengan mengirimkan dua calonnya dari awal ke DPRD Kepri. Dan nama dua calon ini sudah masuk ke DRPD Kepri. Namun dalam perjalanannya, satu orang calon memilih mengundurkan diri. “Tapi toh, tetap Gubernur dari awal mengirim dua. Jadi sudah memenuhi syarat-syarat,” ungkapnya.

Selang tak berapa lama, Soni menyatakan tidak ada lagi permasalahan dalam proses pencalonan Wakil Gubernur. Isdianto di panggil Menteri Dalam Negeri memanggilnya untuk mempersiapkan pelantikannya, 27 Maret oleh Presiden Jokowi. (ska)

Update